detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 15:52 WIB

Ditangkap Nyabu, Caleg DPRD Makassar Tetap Bisa Dilantik

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Ditangkap Nyabu, Caleg DPRD Makassar Tetap Bisa Dilantik Rachmat Taqwa, caleg terpilih DPRD Kota Makassar (Foto: Muhammad Taufiqurrahman-detikcom)
Makassar - Caleg terpilih asal PPP untuk pemilihan Kota Makassar, Rachmat Taqwa tertangkap menggunakan sabu. KPU Kota Makassar menyebut Rachmat Taqwa tetap dapat dilantik hingga dia ada keputusan tetap dari pengadilan.

"Seseorang anggota DPRD yang sudah ditetapkan, tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi anggota DPRD, salah satunya disebabkan karena menjadi terpidana," kata Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar kepada wartawan, Selasa (20/8/2019).

"Namun jika keputusan belum inkrah tetap memungkinkan untuk dilantik, kecuali dia dipecat partainya," imbuhnya.



Dia mengatakan caleg yang sudah ditetapkan, namun kemudian menjadi terpidana, maka status penetapannya batal demi hukum. Hal ini merujuk pada aturan PKPU Nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan calon terpilih.

"Tetap dilantik, karena kan belum jadi terpidana," ungkapnya.



Dia menegaskan sepanjang seorang caleg terpilih belum terpidana, makan tetap bisa dilantik. Mengenai teknis pelantikan, Gunawan mempersilahkan menanyakan hal itu ke pihak DPRD Kota Makassar.

"Khususnys soal hadir atau tidak hadir, bisa ditanya ke DPRD Makassar, karena mereka yang melaksanakan pelantikan," kata dia.

Sebekumnya, berdasarkan data dari KPU Kota Makassar, Selasa (20/8/2019), Rachmat Taqwa ikut berlaga di Dapil II Kota Makassar yang meliputi Kepulauan Sangkarrang, Wajo, Ujung Tanah, Tallo, dan Kecamatan Bontoala.



Nama Rachmat masuk dalam 50 caleg terpilih yang bakal dilantik untuk duduk di kursi wakil rakyat. Berikut daftar nama caleg terpilih yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Makassar:

Demokrat: Ray Suryadi Arsyad (8.741 suara), Fatma Wahyuddin (6.995 suara)
Golkar: Wahab Thahir (1.479 suara)
Nasdem: Rudianto Lallo (5.694 suara)
PPP: Rachmat Taqwa Qurais (4.432 suara)
Gerindra: Pahlevi (2.831 suara)
PDI Perjuangan: William (2.846 suara)
PKS: Andi Astiah (4.479 suara)
PAN: Sahruddin Said (3.671 suara)
Hanura: M Yunus (5.010 suara)



Polres Jakarta Barat Ungkap Empat Pabrik Narkoba:

[Gambas:Video 20detik]




(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com