detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 14:30 WIB

Tarif Parkir di Jakarta akan Naik Tahun Ini

Arief Ikhsanudin - detikNews
Tarif Parkir di Jakarta akan Naik Tahun Ini Ilustrasi lokasi parkir di Ibu Kota (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta segera menaikkan tarif parkir kendaraan bermotor tahun ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut tidak ingin kenaikan tarif parkir itu ditunda-tunda.

"Kita upayakan (kenaikan tarif parkir) secepat mungkin," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).




"(Tarif parkir akan naik pada tahun) 2019. Kalau 2020 mah lama banget. Pak Gubernur nggak mau lama-lama," imbuh Syafrin menjawab pertanyaan wartawan.

Berdasar pada Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Syafrin mengatakan kebijakan sistem ganjil-genap dengan kenaikan tarif parkir berkelindan. Untuk itu kepastian mengenai kenaikan tarif parkir disebut Syafrin akan terjadi pada tahun ini.

"Begitu kebijakan (sistem ganjil-genap) ini jalan, (kenaikan tarif parkir) ini otomatis menjadi kebijakan turunan yang menjadi satu kesatuan," ucap Syafrin.

Nantinya lokasi parkir yang tarifnya mengalami kenaikan itu adalah yang dikelola Dishub DKI. Sedangkan untuk lokasi parkir yang dikelola swasta disebut Syafrin akan dibahas lebih lanjut.




"Parkir sekarang yang dikelola oleh Dishub, on street dan pelataran yang dikelola oleh Dishub. Nanti yang dikelola oleh swasta itu menyusul. Sedang dalam kajian," ucap Syafrin.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017, tarif parkir diatur untuk mobil minimal Rp 3 ribu/jam dan maksimal Rp 12 ribu/jam, sedangkan untuk motor minimal Rp 2 ribu/jam dan maksimal Rp 6 ribu/jam.

Namun Syafrin belum mengungkapkan berapa nantinya kenaikan tarif parkir yang ditetapkan untuk tahun ini. "Masih dikaji untuk itu," sebutnya



Tonton juga video Mungkin Teknologi Parkir Ini Patut Ditiru di Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com