detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 14:31 WIB

Berkas Senpi Ilegal Telah Lengkap, Kivlan Zen Segera Diserahkan ke JPU

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Berkas Senpi Ilegal Telah Lengkap, Kivlan Zen Segera Diserahkan ke JPU Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Kasus kepemilikan senjata api Kivlan Zen memasuki babak baru. Kasus itu segera disidangkan setelah berkas perkara dinyatakan telah lengkap (P-21) oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Betul, kasus kepemilikan senjata api ilegal dengan tersangka Kivlan Zen sudah dinyatakan lengkap ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Selasa (20/8/2019).

Kejati DKI Jakarta menyatakan berkas kasus itu lengkap pada Jumat (16/8) lalu. Selanjutnya penyidik wajib melakukan pelimpahan tahap dua tersangka dan barang bukti ke kejaksaan.



"Berkas tahap duanya belum kita serahkan, kapan diserahkannya biar penyidik yang atur," ungkap Argo.

Diketahui, Kivlan Zen ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kepemilikan senjata api ilegal. Kivlan disebut-sebut menerima aliran dana dari Habil Marati untuk digunakan membeli senjata api.

Dalam hal ini, Kivlan sempat membantah jika dirinya menggunakan uang Habil untuk membeli senpi dan menyuruh para eksekutor untuk merencanakan pembunuhan terhadap empat tokoh nasional. Habil Marati juga sudah ditetapkan sebagai tersangka rencana pembunuhan terhadap empat tokoh nasional.






Kontras Minta Komnas HAM dan Kejagung Tindaklanjuti Gugatan Kivlan Zen:

[Gambas:Video 20detik]


(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com