detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 14:22 WIB

Sejumlah Siswa SMP di Bekasi Keracunan Makanan, Guru Diperiksa Polisi

Isal Mawardi - detikNews
Sejumlah Siswa SMP di Bekasi Keracunan Makanan, Guru Diperiksa Polisi Foto Ilustrasi (shutterstock)
Bekasi - Polres Metro Bekasi Kota menyelidiki kasus keracunan sejumlah siswa sekolah menengah pertama (SMP). Seorang guru yang memberikan kacang atom diperiksa polisi terkait kejadian itu.

"Sementara baru gurunya, kemarin baru gurunya. Kan kita mentingkan itu (menyelamatkan korban). (Guru yang diperiksa) sementara yang beli itu," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto ketika dihubungi, Selasa (20/8/2019).

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (19/8) kemarin. Saat itu para siswa diberi makanan ringan oleh guru setelah mengikuti acara dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"(Makanan berupa) kacang atom, jadi habis upacara, gurunya belikan kacang atom untuk siswa-siswanya yang upacara, ada kegiatan," katanya.

Indarto tidak mengetahui alasan guru memberikan makanan ringan ketimbang nasi kepada para siswa. Kacang atom itu dibeli di sebuah toko.

"Ya nggak tahu ya gurunya, tapi kan hanya memberikan apresiasi, tapi niatnya baik untuk memberikan apresiasi kepada muridnya. Dia juga beli banyak, beli banyak bungkus, Rp 250 ribuan," tuturnya.

Tidak lama setelah memakan kacang atom tersebut, anak-anak itu muntah-muntah. Mereka kemudian dibawa ke rumah sakit.



"Terus tiba-tiba mual-mual, terus dibawa ke rumah sakit, sampai tadi sore, siang terasa, sore udah kembali. Satu orang yang rawat inap tadi malam, belum tahu sudah pulang atau belum," tuturnya.

Soal jumlah korban, Indarto menyebut tidak lebih dari 10 orang. Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezi Syukrawati menyebut korban berjumlah 39 orang.

"Bukan 39, kayaknya sih kurang dari 10, tapi sudah pulang semua," imbuh Indarto.

Polisi masih menyelidiki kasus ini. Polisi belum memastikan apakah para siswa itu keracunan karena makanan ringan yang dikonsumsi sudah kedaluwarsa.




Tonton juga video 10 Orang Tewas di Peru Usai Hadiri Pemakaman:

[Gambas:Video 20detik]


(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com