Tambah Pasukan ke Papua, Polri Jamin Tak Gunakan Peluru Tajam

Tambah Pasukan ke Papua, Polri Jamin Tak Gunakan Peluru Tajam

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 20 Agu 2019 14:21 WIB
Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo  (Agung Pambudhy/detikcom)
Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Polri menambah personel untuk menjaga kondisi pascarusuh di Papua dan Papua Barat. Anggota dari beberapa Polda di Sulawesi sudah dikirim ke Papua.

"Untuk tambahan perkuatan sudah ada dari TNI dan Polri, ada 4 SSK dari Polda Sultra Kemudian dari Polda Sulut dan Polda Maluku, semuanya sudah settle, sudah menempati posisi masing-masing," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019).



Dedi mengatakan aparat yang ditugasi akan mengedepankan langkah persuasif. Polisi juga menjamin tidak menggunakan peluru tajam dalam melakukan pengamanan.

"Yang perlu dicatat bahwa seluruh anggota Polri yang melaksanakan tugas pengamanan unjuk rasa tidak membawa peluru tajam, karena prinsipnya kehadiran anggota Polri di sana berkoordinasi dengan TNI dengan pemerintah daerah justru meredam, melokalisir, dan memitigasi," ujarnya.

"Jangan sampai tindakan-tindakan yang destruktif berkembang cukup luas. Dan Polri mengedepankan langkah-langkah persuasif guna menghindari jatuhnya korban," imbuhnya.

Dedi juga mengatakan situasi di Jayapura juga masih kondusif. Aksi di Jayapura berakhir kemarin malam sekitar pukul 20.00 WIT.

"Untuk wilayah Jayapura, aktivitas kegiatan masyarakat juga hari ini sangat normal semuanya berjalan dengan baik," ujarnya.



Selain itu, kondisi Manokwari kondusif. Aktivitas masyarakat di kota tersebut juga mulai normal.

"Kemudian untuk wilayah Papua Barat, khususnya Kota Manokwari, hari-hari berangsur cukup baiklah ya, situasi kamtibmas hari ini juga, aktivitas kegiatan masyarakat juga hari ini berangsur-angsur normal," pungkasnya.



Brimob Sulsel Bantu Pengamanan di Papua:

[Gambas:Video 20detik]

(abw/imk)