detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 14:17 WIB

Siswa SMAN 1 Parepare Demo di Sekolah, Tuntut Transparansi Dana BOS

Hasrul Nawir - detikNews
Siswa SMAN 1 Parepare Demo di Sekolah, Tuntut Transparansi Dana BOS Demo pelajar SMAN 1 Parepare, Sulsel terkait transparansi dana BOS/Foto: DOK. Istimewa
Parepare - Siswa SMAN 1 Parepare, Sulawesi Selatan mogok belajar dan berunjuk rasa. Mereka menuntut transparansi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Seorang siswa, MI, mempertanyakan pembangunan fasilitas sekolah. Dia menyebut perbaikan ruang kelas bahkan harus melibatkan urunan siswa.

"Bahkan untuk memperbaiki tegel (batu ubin) ruang kelas, kita sendiri yang membeli bahan, cat lapangan ini saja kita yang usahakan," kata MI, Selasa(20/8/2019).

Selain itu, MI menyebut kegiatan perlombaan di luar kota juga dibiayai siswa sendiri.





"Jadi sebenarnya, kami minta transparansi ke mana dana BOS selama ini diperuntukkan. Rencana Kerja Sekolah (RKS) tidak pernah dirincikan," ujarnya.

Sementara itu Bendahara SMAN 1 Parepare, Syamsuddin, menyebut aksi pelajar terjadi karena salah paham penggunaan dana BOS.

"Kita sudah ada RKS dan diberikan kepada ketua komite , Wakasek dan OSIS. Siswa punya pemikiran semua kegiatan didanai sekolah, dia mau samakan dengan SD dan SMP yang merupakan dana hibah, sedangkan SMA bukan dana hibah,"jelasnya.

Soal fasilitas sekolah yang rusak termasuk ruang kelas, Syamsuddin menegaskan rencana perbaikan.

"Sementara kita anggarkan. Dana yang sekarang keluar masih setengah dari dana BOS sebesar Rp 1,4 miliar," katanya.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com