detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 13:47 WIB

JK Bicara Perhatian Pemerintah ke Papua: Subsidi Hampir Rp 100 T

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
JK Bicara Perhatian Pemerintah ke Papua: Subsidi Hampir Rp 100 T Wapres Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemerintah memberikan perhatian besar terhadap Papua dan Papua Barat. JK menyebut subsidi yang diberikan ke dua provinsi itu lebih besar daripada royalti yang diberikan PT Freeport.

"Dari ekonomi, banyak yang mengira kita ini banyak mengambil dari Papua, benar juga. Tapi untuk diketahui, semua penghasilan besar itu Freeport dan gas itu kurang-lebih Rp 20 triliun pajak royaltinya. Tapi negara, " kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).



JK menuturkan pemerintah telah berusaha membangun Papua. Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah saat ini terhadap Papua bahkan lebih dari periode yang lalu.

"Untuk dipahami saja seperti itu, pemerintah membangun Papua itu luar biasa dibanding dengan apa yang itu.... Menyarankan bahwa pemerintah negara sekarang ini mungkin zaman dulu terjadi, tapi sekarang ini kita memberikan anggaran yang luar biasa," jelasnya.

JK menuturkan Papua juga memiliki otonomi politik yang istimewa dibanding daerah lain. Salah satunya gubernur harus asli dari Papua.

"Papua itu luar biasa otonominya. Di Amerika, orang California bisa jadi gubernur di New York. Orang New York bisa. Tapi gubernur di Papua tapi secara hukum, teman-teman Papua bisa gubernur di Jakarta, Jabar. Tapi orang Jakarta, Jabar, dan lain-lain," sebutnya.



Mengenai usulan pembentukan adat, JK tidak setuju. Menurutnya, usul itu berlebihan.

"Itu berlebihan," tuturnya.


Simak Video "Gubernur Sulsel Jamin Keamanan Pascabentrok di Asrama Papua"

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com