detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 13:32 WIB

25 Fasum Rusak Akibat Rusuh di Manokwari dan Sorong

Ahmad Bil Wahid - detikNews
25 Fasum Rusak Akibat Rusuh di Manokwari dan Sorong Dampak kerusakan pascarusuh di Manokwari (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Sebanyak 25 fasilitas umum (fasum) rusak akibat kerusuhan di Papua Barat. Ke-25 fasum itu berada di wilayah Sorong dan Manokwari.

"Untuk sementara, di Sorong ada kurang-lebih sekitar hampir 15 fasilitas publik yang mengalami kerusakan. Di Kota Manokwari sendiri sekitar 10 fasilitas publik yang mengalami kerusakan dan ini masih didatakan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019).



Dedi mengatakan hari ini aparat mulai melakukan pembersihan akibat kerusakan yang terjadi. Kerusuhan di wilayah itu membuat banyak pohon tumbang dan sisa pembakaran berserakan.

"Tugasnya aparat Polri dan Pemda hari ini juga melaksanakan pembersihan pohon-pohon yang tumbang, khususnya di Kota Manokwari, kemudian sisa pembakaran ban dibersihkan hari ini, sehingga diharapkan hari ini seluruh aktivitas masyarakat betul-betul bisa berjalan dengan normal," ujarnya.



Sebelumnya, kerusuhan terjadi di sejumlah daerah di Papua Barat. Fasum hingga bandara menjadi sasaran kemarahan warga. Kerusuhan itu merupakan buntut aksi protes terkait insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu.

Saat ini, kondisi di Papua Barat, khususnya Manokwari dan Sorong, serta wilayah di Papua sendiri sudah mulai kondusif.
(abw/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com