detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 12:12 WIB

Wiranto soal Rusuh di Manokwari: Sabar, Saling Memaafkan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Wiranto soal Rusuh di Manokwari: Sabar, Saling Memaafkan Wiranto (Andhika Prasetia/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto meminta semua pihak bersabar dan saling memaafkan terkait kerusuhan yang terjadi di beberapa wilayah di Papua dan Papua Barat, salah satunya Manokwari. Wiranto meminta masyarakat mengutamakan persatuan.

"Sabar, saling memaafkan, jaga ketenangan. Jaga kedamaian, rawat persatuan, itu saja," kata Wiranto di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).



Saat ditanya soal adanya dugaan tindakan rasis yang memicu kerusuhan, Wiranto meminta wartawan memberitakan kebaikan. Dia berharap semua pihak bersabar.

"Wartawan juga begitu, saya harapkan juga sabar. Mengabarkan kebaikan. Apa sih rasis-rasis, sudah selesai kita maafkan semuanya," terangnya.

Dampak Kerusakan di Manokwari Pascakerusuhan / Dampak Kerusakan di Manokwari Pascakerusuhan (Foto: Antara Foto)


Wiranto mengaku akan mengunjungi Papua dalam waktu dekat. Namun kunjungan sudah lama direncanakan dan tak terkait insiden kerusuhan.

"Tanpa ada insiden saya memang mau ke sana. Ada upaya mendorong semangat bela negara. Sudah ada rencana mau ke sana," ucapnya.



Sebelumnya diberitakan, aksi demonstrasi berujung rusuh terjadi di Manokwari, Papua, setelah muncul insiden pengamanan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Mereka kecewa karena asrama mahasiswa Papua dikepung aparat keamanan, menyusul merebaknya isu pelecehan terhadap bendera Merah-Putih.



Wiranto Instruksikan Pengusutan Tuntas Insiden di Papua & Jatim:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/imk)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com