Jelang Muktamar, Kader PKB Ingin Cak Imin Disapa 'Gus Ami'

Jelang Muktamar, Kader PKB Ingin Cak Imin Disapa 'Gus Ami'

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 20 Agu 2019 11:53 WIB
Muhaimin Iskandar (Grandyos Zafna/detikcom)
Muhaimin Iskandar (Grandyos Zafna/detikcom)
Badung - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal menggelar muktamar ke-5 hari ini di Bali. Dalam muktamar kali ini, para kader PKB menyuarakan perubahan panggilan kepada sang ketua umum, Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin.

Wasekjen PKB Ahmad Iman menyebut para kader PKB kini lebih ingin memanggil Cak Imin dengan sapaan 'Gus Ami'. Ami sendiri kependekan dari nama lengkap Cak Imin, yakni Abdul Muhaimin Iskandar.

"Banyak aspirasi dari bawah karena banyak orang yang sebenarnya bukan Gus. Cak Imin ini genealoginya benar-benar 'Gus', tapi malah dipanggil Cak," sebut Ahmad Iman di Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019).



Iman menyebut putra kiai dalam tradisi NU dihormati, termasuk Cak Imin. Karena itu, para kader saat ini menyuarakan panggilan baru untuk Cak Imin, yaitu Gus Ami.

"Putra kiai, dalam tradisi NU kan sebenarnya dihormati. Tapi mungkin juga karena banyak orang yang nggak tahu kalau Cak Imin ini cucu buyut pendiri NU. Banyak orang PKB bukan anak kiai tapi disebut 'Gus'," kata Iman.


Jelang Muktamar, Kader PKB Ingin Cak Imin Disapa 'Gus Ami'Nama Gus Ami di backdrop Muktamar PKB. (Dok. Istimewa)


Keinginan para kader PKB mengganti sapaan Cak Imin dalam Muktamar V ini terlihat dari beberapa atribut PKB di Bali. Di Bandara I Gusti Ngurah Rai, ada backdrop berlatar Cak Imin dengan tulisan 'Gus Ami'.



Cak Imin Tegaskan Koalisi Jokowi Solid, Jangan Diadu-adu:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/imk)