detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 01:54 WIB

Berpakaian Adat, Cara WNI di Italia Peringati Kemerdekaan Indonesia

Zunita Putri - detikNews
Berpakaian Adat, Cara WNI di Italia Peringati Kemerdekaan Indonesia Foto: Upacara Bendera di KBRI Roma (Dok KBRI Roma)
Roma - Sebanyak 350 warga negara Indonesia (WNI) mengikuti upacara kemerdekaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma, Italia. WNI yang hadir dalam upacara kemerdekaan semuanya kompak mengenakan pakaian adat.

Berdasarkan keterangan pers dari Fungsi Penerangan KBRI Roma yang diterima detikcom, Senin (19/8/2019), upacara bendera dimulai pukul 10.00 waktu setempat pada 17 Agustus 2019.



Upacara dipimpin oleh Atase Pertahanan KBRI Roma, Kolonel Laut (E) Wachyad sebagai Komandan Upacara. Sementara, Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani bertindak selaku Inspektur Upacara, selain itu hadir pula Duta Besar RI untuk Tahta Suci Vatikan, Agus Sriyono beserta staf dan keluarga.

Berpakaian Adat, Cara WNI di Italia Peringati Kemerdekaan IndonesiaFoto: Upacara Bendera di KBRI Roma (Dok KBRI Roma)

Sebagian peserta upacara adalah para rohaniawan Katolik Indonesia dari berbagai biara di Italia, yang secara khusus hadir untuk bersuka cita bersama. Para rohaniawan Katolik Indonesia di Italia berada di bawah pelayanan dari KBRI Vatikan.



Dalam sambutannya, Dubes Esti Andayani menyampaikan makna dari tema Peringatan HUT ke-74 RI 'SDM Unggul Indonesia Maju', dengan artian mengingatkan betapa pentingnya memperkuat sumber daya manusia Indonesia, termasuk yang tinggal di luar negeri.

Berpakaian Adat, Cara WNI di Italia Peringati Kemerdekaan IndonesiaFoto: Upacara Bendera di KBRI Roma (Dok KBRI Roma)

Dubes Esti juga membacakan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa di masa globalisasi dan industrialiasi ini, kompetisi global semakin ketat, sehingga Indonesia harus menghadapi persaingan dengan kreativitas, inovasi, dan kecepatan yang kita miliki.



Seusai upacara, KBRI Roma juga menggelar panggung hiburan, ada permainan alat musik angklung dengan melantunkan lagu nasional dan daerah. Para pemain angklung ini terdiri dari para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma dan keluarga besar KBRI Roma, termasuk anak-anak dan para Ayah mereka. Sajian makanan khas Indonesia juga dihidangkan untuk pengobat rindu bagi para warga.

Selain itu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) Bandung juga ikut berpartisipasi, dengan menyanyikan lagu berjudul 'Hari Merdeka; dan 'Bangun Pemudi-Pemuda'. Mereka juga menampilkan ragam lagu daerah dengan kostum Nusantara yang menarik.
(zap/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com