Bertemu Nasi Goreng Hingga Pepes Tahu di Restoran India

Laporan dari New Delhi

Bertemu Nasi Goreng Hingga Pepes Tahu di Restoran India

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 20 Agu 2019 00:34 WIB
Foto: Haris Fadhil-detikcom
Foto: Haris Fadhil-detikcom
New Delhi -

Kuliner Indonesia bukan cuma ada di Tanah Air. Makanan yang biasa ditemui di Indonesia, seperti nasi goreng, sate, bakmi hingga pepes tahu juga bisa ditemui di salah satu restoran di Cyber Hub, Haryana, India.

Restoran bernama Mamagoto ini memang menjual berbagai makanan dari Asia, termasuk menu khas Indonesia yang disajikan di restoran ini.

Keberadaan restoran yang menyajikan makanan Indonesia ini sering dijadikan lokasi melepas rindu akan kuliner tanah air oleh WNI yang ada di India, khususnya New Delhi, karena belum ada restoran khusus makanan Indonesia di sekitar New Delhi.

"Dulu pernah ada di dekat kantor yang jual gado-gado, tumis kangkung, tapi itu restoran orang Malaysia bukan Indonesia dan sekarang sudah tutup. Ada juga di tempat lain jual makanan Indonesia tapi ya bukan khusus, campur begini juga," ujar Wakil Kepala Perwakilan KBRI New Delhi, Fientje Maritje Suebu, Senin (19/8/2019).





Harga makanan Indonesia di restoran ini beragam. Nasi goreng dijual seharga 699 rupee atau sekitar Rp 139 ribu, pepes tahu dijual seharga 399 rupee atau sekitar Rp 80 ribu, bakmi dijual 329 rupee atau sekitar Rp 65 ribu.

Meski makanan Indonesia, kokinya berasal dari Nepal, yaitu Heera. Dia mengaku belajar masak makanan Indonesia dari koki lain yang pernah bekerja di restoran ini.

"Saya belajar dari pengalaman. Jadi ada koki sebelum saya yang ada di sini bisa masakan Indonesia, dia ajarin," ucap Heera.

Dia menyebut untuk masakan Indonesia tetap dibutuhkan bahan khusus, seperti kecap. Heera pun menunjukkan kecap yang merek Indonesia yang digunakan untuk menyajikan kuliner khas Indonesia.

"Ini spesial untuk nasi goreng," ujarnya.

Bahan-bahan makanan asal Indonesia memang bisa ditemukan di India. Seperti di I.N.A Market New Delhi dengan harga beragam. Keberadaan produk Indonesia di pasar-pasar India merupakan salah satu wujud dari hubungan dagang Indonesia-India.



(haf/fdn)