detikNews
2019/08/19 21:30:28 WIB

Round-Up

Mimpi Bekasi Gabung DKI

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Mimpi Bekasi Gabung DKI Kota Bekasi (Foto: Isal Mawardi-detikcom)
Jakarta - Kota Bekasi, Jawa Barat bermimpi bergabung ke DKI Jakarta. Sebagian besar warga Kota Bekasi pun diklaim setuju bergabung ke provinsi pimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

Adalah Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang pertama kali mengungkap mimpi kota patriot itu. Mimpi itu disampaikan saat dia menanggapi soal usulan perluasan wilayah hingga pembentukan Provinsi Bogor Raya di mana Bekasi masuk di dalamnya.




Pria yang akrab disapa Pepen itu menyebut kotanya lebih cocok masuk ke Jakarta apabila Provinsi Bogor Raya jadi nyata. Sebab, menurut dia, ada beberapa keidentikan antara Kota Bekasi dan Jakarta. Selain dari sisi historis, Bekasi memiliki kultur yang mirip dengan Jakarta.

"Bogor mah gagas Provinsi Bogor Raya. Kita sampaikan Bekasi itu polisinya sudah ke Polda Metro Jaya, tentaranya ke Jayakarta. Administratif hirarkisnya. Saya kan delapan keturunan di Bekasi ya, dulu keresidenan Jatinegara itu, Jatinegara, Cilincing, Bekasi. Tahun 76 Cilincing-Cakung diambil menjadi Jakarta. Tahun 50-an Bekasi itu keluar Jatinegara," ujar Rahmat Effendi di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (19/8/2019).

"Tahun 76 Cilincing-Cakung diambil, kita dapat stadion. Nah sekarang kita tinggal hasil pemekaran kabupaten/kota tentunya punya historis budaya, sejarah," sambung dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com