detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 18:46 WIB

4 Pria Bobol Rumah Kosong di Bekasi, Salah Satunya Berjaket Ojol

Isal Mawardi - detikNews
4 Pria Bobol Rumah Kosong di Bekasi, Salah Satunya Berjaket Ojol Foto: dok.screenshot video (istimewa)
Bekasi - Empat orang pria melakukan pencurian di sebuah rumah yang ditinggal penghuninya di kawasan Setu, Kabupaten Bekasi. Salah satu pelaku menyamar dengan memakai jaket ojek online.

Peristiwa itu terjadi di Perumahan Green Harmoni, Lubang Buaya, Setu, Kabupaten Bekasi, Jumat (16/8) pukul 15.30 WIB. Aksi pelaku terekam CCTV.

Korban, Septa Anjar Kusuma (30), mengatakan para pelaku beraksi saat rumahnya dalam keadaan kosong. Ia baru menyadari rumahnya dibobol maling pada Sabtu (17/8) pagi.

"Jadi pas datang pagi itu, itu pagar depan sudah kebuka sejengkal, di situ firasat saya sudah nggak enak, langsung saya foto. Saya ngelongok ke dalam, pintu depan itu sudah kebuka, kecongkel," ujar Septa saat dihubungi, Senin (19/8/2019).

Setelah dicek ke dalam rumah, kamar korban sudah dalam keadaan berantakan. Korban langsung melapor ke Polsek Setu. CCTV perumahan juga diperiksa korban dan polisi.

"Kalau yang teridentifikasi itu 4 orang, yang dua (pelaku) masuk ke dalam, sama yang satu pakai jaket ojol, terus yang satu lagi nggak keliatan CCTV, cuma pas kabur itu, mereka (para pelaku) dua motor," ujar Septa.

Septa menjabarkan ciri-ciri pelaku yang masuk ke dalam rumahnya. Satu pelaku lainnya memakai pakaian rapi.

"Ciri-ciri (seperti) sales gitu, pakai kemeja, satu bawa tas, terus rambutnya rapi gitu, kayak spike gitu, dia pakai sarung tangan semua. Perkiraan umur itu di bawah 30 tahun ya, masih muda-muda," ujar Septa.

Sejumlah barang digondol para pelaku, yakni kamera DSLR Canon 50b, lensa 18-55 mm merk Canon, lensa 50 mm merk Canon serta sebuah hard disk. "Kalau dihitung Rp 10 juta," ujar Septa.



Kapolsek Setu AKP Wahid Key, mengatakan polisi masih melakukan penyelidikan terhadap kasus ini.

"Sesuai prosedur, kita penyelidikan untuk ungkap, bekerja sama dengan tim Cobra Polres. Beberapa saksi sudah kita minta keterangan," ujar Wahid lewat pesan singkat.

Dalam rekaman CCTV, tampak dua orang pelaku masuk ke dalam rumah korban. Satu pelaku mengenakan jaket warna coklat, tas hitam, dan celana panjang sementara pelaku lainnya mengenakan jaket biru, tas hitam dan celana panjang.

Lalu, tampak pelaku yang mengenakan jaket ojek online berwarna hijau menunggu dan memantau situasi di luar rumah. Ia duduk di atas motor, sesekali ia berdiri melihat keadaan di dalam rumah korban.

Tak lama, dua pelaku keluar dari dalam rumah dan kabur menggunakan sepeda motor. Sementara pelaku yang mengenakan jaket ojol kabur bersama seorang pelaku lainnya yang mengenakan jaket abu-abu menggunakan motor yang berbeda.





(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com