detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 18:28 WIB

Prihatin Rusuh di Manokwari, Cak Imin Ajak Rajut Kembali Persaudaraan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Prihatin Rusuh di Manokwari, Cak Imin Ajak Rajut Kembali Persaudaraan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (Foto: Grandyos Zafna)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Badung - Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) prihatin dengan insiden yang terjadi di Manokwari, Papua Barat. Cak Imin menyinggung menurunnya toleransi dan persaudaraan antarmasyarakat.

"Sungguh kita sangat bersedih prihatin dan tentu menyadarkan kepada kita berarti hari ini tingkat kebersamaan dan toleransi kita mulai menurun. Persaudaraan dan kekeluargaan kita agak rawan dalam tanda petik mengalami ancaman kebersamaan dan kekeluargaan kita," kata Cak Imin usai meninjau lokasi Muktamar PKB di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Senin (19/8/2019).




Cak Imin menyebut Bali merupakan salah satu daerah yang menjadi simbol toleransi dan kerukunan beragama. Dia menyebut keberagaman menjadi salah satu keistimewaan di Indonesia.

"Karena itu menuju sana kita benar-benar harus sekali lagi mumpung di Bali ikatkan perkuat ikatan persaudaraan dan kekeluargaan sesama warga bangsa dari manapun, dan di Bali ini tentu semua istimewa dari manapun sama di depan kebersamaan dan kekeluargaan dan karena itu saya perhatian dan segera. Mari kita pulihkan dengan merajut kembali ke persaudaraan dan kebersamaan," ajaknya.

Cak Imin mengimbau semua pihak untuk saling merawat kebhinekaan dan membangun solidaritas.

"Semua hari ini bangun solidaritas dan kebersamaan dari seluruh Indonesia," tuturnya.




Diberitakan sebelumnya, kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat. Mahasiswa bersama masyarakat turun ke jalan melakukan protes atas insiden yang terjadi di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Pendemo di Manokwari merusak fasilitas umum dan membakar sejumlah kendaraan dan gedung. Massa juga bergerak di Jayapura menuju gedung DPRD Papua.

Polisi menyebut mobilisasi massa terjadi karena ada berita bohong (hoax) insiden di Surabaya menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Insiden di Surabaya sendiri bermula dari isu ada perusakan bendera Merah Putih yang dipasang di asrama. Sebelum polisi mendatangi asrama, massa beratribut ormas lebih dulu melakukan pengepungan asrama.


Simak Video "Wiranto Instruksikan Pengusutan Tuntas Insiden di Papua & Jatim"

[Gambas:Video 20detik]


(ams/zak)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com