detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 17:24 WIB

Sudah 1 Minggu, Kebakaran Lahan di Muba Sumsel Belum Padam

Raja Adil Siregar - detikNews
Sudah 1 Minggu, Kebakaran Lahan di Muba Sumsel Belum Padam Foto: Kebakaran lahan di Musi Banyuasin (Raja Adil/detikcom)
Palembang - Sudah sepekan kebakaran lahan di Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan belum padam. Lahan yang terbakar sudah mencapai ribuan hektare.

"Sejak 13 Agustus lalu lahan ini terbakar api belum bisa dipadamkan. Total untuk lahan terbakar mencapai ribuan," terang Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan, Ansori ditemui di kantornya, Senin (19/8/2019).

Menurut Ansori, lahan terbakar saat ini masih berada di hamparan yang sama, yaitu di Desa Muara Medak, Bayung Lencir, Musi Banyuasin. Lahan terbakar adalah lahan gambut.

"Kalau data tim lapangan memang lahan terbakar pada hari Sabtu kemarin sudah 600 hektare lebih. Tetapi sampai hari ini sudah ribuan dan masih di hamparan itu (Muara Medak)," kata Ansori.



Pemadaman sendiri sulit dilakukan tim darat karena keterbatasan sumber air. Sementara untuk tim udara, sudah ada tiga heli water bombing diterjunkan ke lokasi untuk membantu pemadamaan.

"Satgas darat sudah maksimal, ada juga 3 helikopter untuk pemadaman dari pagi sampai sore hari. Kenapa kebakaran itu sulit dipadamkan, jawabannya ya karena itu lahan gambut, sumber air juga cukup sulit dan jauh," kata Ansori.

"Kalau gambut itu kan api nggak terlihat, tapi asap tebal. Ini juga menjadi kendala lapangan, meskipun sebenarnya sudah ada penambahan 100 anggota Brimob dari Polda Sumsel," kata Ansori.

Terpisah, Sekda Musi Banyuasin Apriyadi mengaku sudah meminta camat segera mengevakuasi warga. Sebab, kabut asap dinilai sudah mulai mengganggu aktifitas warga sekitar.

"Camat Bayung Lencir sudah mengevakuasi warga ke tempat yang aman. Warga yang dievakuasi ditangani Dinas Sosial untuk segera membangun tenda pengungsian dan dapur umum," kata Apriyadi.



"Kami telah ungsikan sembilan keluarga diawalnya dan kini mulai berduyun. Tadi sementara ditampung di rumah Kepala Desa Muara Medak sembari menunggu tenda siap, dapur umum sudah ready," ujar Toyibir.

Sebelumnya Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex beserta Danlanud Palembang, Kolonel Pnb Heri Sutrisno dan Danrem 044/Gapo, Kolonel Arh Sonny juga turun ke lokasi. Namun sebelum sampai, heli yang digunakan mendarat darurat akibat kabut asap tebal.

Heli diketahui mendarat darurat di Desa Peraling Jaya, Muaro Jambi, Jambi atau tidak jauh dari titik lahan yang terbakar. Terkahir dikabarkan rombongan sudah sampai ke lokasi setelah kabut asapnya mulai menipis.


Simak Video "Upacara HUT RI di Lahan yang Menghitam karena Kebakaran Hutan"

[Gambas:Video 20detik]


(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +