detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 16:05 WIB

Aksi Berjalan Damai, Aspirasi Mahasiswa Papua Diterima DPRD Sumut

Budi Warsito - detikNews
Aksi Berjalan Damai, Aspirasi Mahasiswa Papua Diterima DPRD Sumut Aksi mahasiswa Papua di DPRD Sumut. (Budi/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Medan - Aksi unjuk rasa yang digelar puluhan orang dari Ikatan Mahasiswa Papua Sumatera Utara (IMP Sumut) di depan Kantor DPRD Sumut berjalan damai. Dalam aksi yang berlangsung selama setengah jam itu, mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Massa dari IMP Sumut sebelumnya melakukan long march dari Asrama Putra USU di Jalan Dr Mansur, Medan. Tiba di depan kantor DPRD Sumut, mereka langsung menyampaikan aspirasinya.

Ketua IMP Sumut Agustinus Goo mengungkapkan, aksi ini dilakukan untuk menuntut aparat negara dan organisasi masyarakat di Surabaya bertanggung jawab atas tindakan pelanggaran hak kebebasan kepada mahasiswa Papua di Surabaya.

"Bapak Presiden Joko Widodo mohon melihat dengan mata dan hati dan selesaikan kasus kasus pelanggaran HAM di atas Tanah Papua, terutama pada mahasiswa," jelasnya, Senin (19/8/2019).


IMP juga berharap Jokowi segera bertindak tegas dan cepat menyelesaikan masalah tersebut. Hal itu disampaikan karena menurut mereka masalah ini sudah berlangsung cukup lama, pelanggaran HAM sudah banyak terjadi.

"Itu yang kami sampaikan ke DPRD Sumut. Agar diaspirasikan ke pusat untuk menyelesaikan masalah ini," imbuh Agustinus Goo.

Sementara itu, Damiel Wandik, salah satu koordinator aksi, menyatakan aksi damai yang mereka lakukan merupakan bentuk solidaritas terhadap rekan-rekan mereka.

"Ini bentuk solidaritas terhadap saudara kami di Surabaya. Kami meminta aksi intimidasi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua yang berada di Surabaya dihentikan," ujarnya.


Ia juga menyayangkan masih saja terjadi diskriminasi terhadap masyarakat Papua. "Sudah 74 tahun Indonesia merdeka, tapi kami masih juga mendapat diskriminasi. Padahal kita ini Bhinneka Tunggal Ika," ucap Damiel.

Puluhan mahasiswa itu diterima anggota DPRD Sumut Brilian Mokhtar. Mereka memberikan tuntutan mereka agar disampaikan ke pemerintah pusat. Ia pun mengingatkan petugas agar lebih mengutamakan kekeluargaan. Karena peristiwa tersebut menyangkut anak bangsa sendiri, dan mahasiswa.

"Saya akan kirim ke Mensesneg, saya akan kirim ke Mabes Polri dan Mabes TNI," tegas Brilian Mokhtar.



Wiranto Instruksikan Pengusutan Tuntas Insiden di Papua & Jatim:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com