detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 15:13 WIB

Sikapi Aksi di Papua-Papua Barat, Wiranto Apresiasi Khofifah-Lukas Enembe

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sikapi Aksi di Papua-Papua Barat, Wiranto Apresiasi Khofifah-Lukas Enembe Menko Polhukam Wiranto saat jumpa pers. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengapresiasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang meminta maaf kepada masyarakat Papua. Wiranto pun mengaku telah berbicara secara langsung melalui sambungan telepon dengan Khofifah terkait hal itu.

"Saya mengapresiasi kepada Gubernur Jawa Timur yang telah secara terbuka telah menyatakan maaf atas apa yang terjadi di wilayah Jatim kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung dari adanya insiden di wilayah Jatim itu. Barusan dari pagi saya juga melakukan telepon dengan Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah, dan beliau menyampaikan maaf yang terbuka, dengan tulus dan ikhlas," kata Wiranto seusai rapat koordinasi dengan sejumlah lembaga dan kementerian, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).


Wiranto juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Papua Lukas Enembe. Dia mengapresiasi Lukas yang telah mengimbau semua pihak, khususnya warganya, untuk kembali menjalin persaudaraan dan kedamaian.

"Saya mengapresiasi kepada Gubernur Papua, yang meminta semua pihak untuk tidak memperpanjang insiden ini dan kembali menjalin persaudaraan dan kedamaian di wilayah masing-masing," ujarnya.


Apresiasi juga diberikan Wiranto kepada Forum Komunikasi Daerah Papua Barat. Wiranto menilai Forum Komunikasi Daerah Papua Barat mampu menenangkan masyarakat.

"Yang telah mampu menenangkan masyarakat untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah. Saya tadi juga sudah telepon dengan Forum Komunikasi Daerah Papua Barat yang menyampaikan di Manokwari telah dapat ditenangkan," kata Wiranto.

Seperti diketahui, hingga kini masyarakat turun ke jalan di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat. Unjuk rasa itu untuk memprotes terkait insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu.



Buntut Rusuh di Manokwari, Gubernur Khofifah Minta Maaf:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/tor)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com