detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 14:49 WIB

Mahasiswa Papua di Jakarta Diimbau Tak Terprovokasi Ricuh Manokwari

Mei Amelia R - detikNews
Mahasiswa Papua di Jakarta Diimbau Tak Terprovokasi Ricuh Manokwari Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Farih-detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Polda Metro Jaya mengimbau mahasiswa dan masyarakat Papua yang berada di Jakarta untuk menahan diri. Mahasiswa dan masyarakat Papua di Jakarta diimbau agar tidak terprovokasi dengan peristiwa kericuhan di Manokwari, Papua Barat.

"Kami imbau agar mahasiswa Papua di Jakarta tidak ikut terprovokasi dan tidak turun ke jalan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Senin (19/8/2019).

Polda Metro Jaya sendiri menyiagakan personel untuk melakukan pengamanan di depan gedung DPR hingga kawasan Monas.

"Iya pengamanan tetap ada, kan itu objek vital," katanya.



Rusuh di Manokwari bermula dari unjuk rasa massa yang memblokade jalan-jalan. Massa juga membakar kantor DPRD dan merusak eks bangunan kantor Gubernur Papua Barat.

Tiga polisi terluka terkena lemparan batu oleh massa. Pelemparan batu terjadi di tengah berupaya bernegosiasi dengan massa di Manokwari.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga meminta masyarakat tetap tenang terkait perkembangan rusuh di Manokwari, Papua Barat. Kapolri mengimbau masyarakat agar saling menghormati dan tidak memprovokasi.

"Kepada warga di luar Papua seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, perlakukan saudara-saudara kita Papua bagian dari anak bangsa. Jadi saya pikir komunikasi perlu dijalin masyarakat, jangan terpancing, baik di Papua dan di luar Papua, jangan mau diadu domba," kata Tito di Surabaya, Jatim, Senin (19/8/2019).

Kapolri menyebut kericuhan di Manokwari dipicu adanya kejadian di Surabaya dan Malang. Kericuhan juga dipicu adanya informasi hoax yang menyebutkan seorang mahasiswa tewas di asrama Papua dalam upaya penangkapan polisi karena adanya perusakan bendera Merah Putih.





Mendagri Minta Gubernur Papua Barat Kembali ke Manokwari dan Tanggung Jawab:

[Gambas:Video 20detik]


(mei/fjp)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com