detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 13:53 WIB

Salinan Putusan Kasasi Syafruddin Belum Diterima KPK, MA: Masih Proses

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Salinan Putusan Kasasi Syafruddin Belum Diterima KPK, MA: Masih Proses Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah (ari/detikcom)
Jakarta - KPK hingga kini belum menerima salinan lengkap putusan kasasi kasus BLBI dengan terdakwa Syafruddin Arsyad Temenggung dari Mahkamah Agung (MA). MA menyebut salinan putusan itu masih diproses karena berkas tebal.

"Masih dalam proses, putusan Tipikor itu bukan selembar dua lembar. Itu berlembar-lembar bisa ratusan bisa ribuan, jadi mohon dimengerti. Majelis pasti sudah sangat paham itu," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah di gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

MA juga membuka pintu jika KPK melakukan upaya hukum lebih tinggi. Namun keputusan akhir tetap ada di tangan hakim.

"Kalau dikaitkan KPK ya kita tidak bisa menanggapi, upaya hukum itu hak asasi, siapa pun juga, hak asasi warga negara, mengajukan apapun itu hak asasi. Masalah tuntutan benar dan tidak itu majelis yang akan periksa," ujarnya.

Sebelumnya KPK mengaku belum menerima salinan lengkap putusan kasasi kasus BLBI dengan terdakwa Syafruddin Arsyad Temenggung dari Mahkamah Agung (MA). Padahal, putusan kasasi MA disampaikan pada 9 Juli lalu.

"Sampai saat ini setelah lebih satu bulan, salinan putusan lengkap belum diterima. KPK menyayangkan lamanya proses pengiriman putusan lengkap tersebut ke para pihak. Jika putusan dapat diakses secara cepat tentu langkah-langkah hukum berikutnya juga dapat ditentukan dengan lebih tepat," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).




Tonton juga video Suap Dana Hibah, Pejabat Kemenpora Dituntut 7 Tahun Bui:

[Gambas:Video 20detik]


(abw/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com