detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 13:27 WIB

Cerita Remaja Hairil Pedagang Asongan yang Viral karena Hormat Bendera

Hasrul Nawir - detikNews
Cerita Remaja Hairil Pedagang Asongan yang Viral karena Hormat Bendera Hairil Mukminin pedagang asongan yang viral karena sikap hormat bendera Merah Putih saat berjualan di Parepare, Sulsel/Foto: Hasrul Nawir-detikcom
Parepare - Sikap hormat bendera Hairil Mukminin viral di media sosial. Hairil melakukan hormat bendera Merah Putih dengan meletakkan barang dagangannya saat geladi bersih upacara HUT RI, Jumat (16/8).

Sore itu sekitar pukul 16.00 WITa, Hairil tengah menjajakan makanan ringan khas Makassar, jalangkote di Parepare, Sulsel. Kaki Hairil, pelajar kelas XI SMKN 1 Parepare ini melangkah ke halaman kantor cabang BRI Parepare untuk menjual dagangannya.

Ketika masuk ke halaman kantor, alunan lagu Indonesia Raya tiba-tiba terdengar. Saat itu sedang dilakukan geladi bersih penaikan bendera Merah Putih.

Dengan spontan Hairil meletakkan boks dagangannya. Hairil langsung mengambil sikap hormat.





Sikap hormat bendera ini diabadikan warga yang berada di area kantor BRI Parepapare. Video 19 detik dengan judul 'Patriot Milenial' ini menjadi viral di media sosial.

"Pada saat itu jualan saya masih banyak kurang lebih 20 biji. Saya lewat depan Bank BRI cabang Parepare, saya lihat banyak pegawai BRI dan saya tidak tahu mereka melakukan apa. Ketika saya masuk saya mendengar lagu Indonesia Raya dan secara spontan saya langsung hormat menghadap Merah Putih karena bagi saya Merah Putih adalah harga mati," kata Hairil saat ditemui , Senin (19/8/2019).

Hairil mengaku tidak mengetahui sikap hormat bendera Merah Putih itu ternyata direkam dan diposting ke media sosial.

"Saya hanya fokus melihat bendera Merah Putih saat dinaikkan," tuturnya.

Hairil bercerita dirinya memang berjualan jajanan jalangkote usai pulang sekolah. Tiap akhir pekan, Hairil juga berjualan kantong plastik untuk membantu ekonomi keluarganya.

"Kalau pulang sekolah saya langsung jualan jalangkote, jalan kaki berkeliling Kota Parepare terutama di Lapangan Andi Makkasau. Biasanya Sabtu dan Minggu saya menawarkan kantong plastik di pasar untuk ibu-ibu belanja dan saya bangga bisa membantu bapak membiayai dua adik saya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Parepare, Anwar Nur menyebut Hairil sebagai siswa yang rajin dan bersemangat. Pihak sekolah sedang berupaya memberikan beasiswa untuk Hairil.

"Dia itu meskipun terkendala keterbatasan ekonomi namun selalu aktif mengikuti kegiatan di sekolah terutama Porseni, pokonya dia memang selau mau tampil terdepan. Pihak sekolah tengah mengusahakan beasisswa, kami selaku pendidiknya sangat bangga terhadap dia," ujar Anwar Nur.






(fdn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com