detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 13:05 WIB

Mahasiswa Papua di USU Ikut Gelar Aksi, Bawa Lambang Bintang Kejora

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Mahasiswa Papua di USU Ikut Gelar Aksi, Bawa Lambang Bintang Kejora Mahasiswa Papua di USU menggelar aksi protes. (Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan - Mahasiswa asal Papua di Medan, Sumatera Utara (Sumut), ikut menggelar aksi memprotes pengepungan asrama mahasiswa di Papua. Ada lambang bintang kejora di poster yang mereka bawa dalam aksi tersebut.

Pada Senin (19/8/2019) puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumut menggelar aksi di Asrama Putera Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Dr Mansyur, Medan. Mereka bagian dari sekitar 200 mahasiswa yang sedang belajar di Medan.


Koordinator aksi, Damiel Wandik, menyatakan aksi ini sebagai dukungan dan juga protes kepada pemerintah. Terutama atas kasus penangkapan mahasiswa asal Papua di Surabaya serta intimidasi dan sikap rasisme yang dialami mahasiswa Papua di sejumlah tempat.

"Kami mengecam penangkapan para mahasiswa Papua dan rasisme terhadap orang Papua, baik di Surabaya, di Malang, di mana-mana," kata Wandik.

Mahasiswa Papua di USU Ikut Gelar Aksi, Bawa Lambang Bintang KejoraFoto: Khairul Ikhwan/detikcom


Wandik menyatakan hari ini mereka menggelar aksi awal di asrama mahasiswa karena belum dapat izin dari polisi untuk berdemo di luar. Izin juga belum diperoleh untuk beraksi di dalam kampus.

"Nanti kalau sudah diperoleh izin, kami akan menggelar aksi di luar," kata Wandik.



Polisi Selidiki Hoax di Medsos Pemicu Demo Rusuh di Manokwari:

[Gambas:Video 20detik]


(rul/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com