detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 12:20 WIB

PSU di Bolobia Lancar, KPU Sigi Tetapkan Kursi dan Calon Terpilih Besok

Dwi Andayani - detikNews
PSU di Bolobia Lancar, KPU Sigi Tetapkan Kursi dan Calon Terpilih Besok Foto: Coblos ulang di Desa Bolobia, Sigi (Qadri/detikcom)
Jakarta - KPU telah melakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pileg 2019 di TPS 1 Desa Bolobia, Sigi, Sulawesi Tengah. KPU mengatakan proses dilanjutkan dengan penetapan kursi.

"Besok (Selasa), dilanjutkan penetapan kursi dan calon oleh KPU Kabupaten Sigi," ujar komisioner KPU Ilham Saputra dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/8/2019).

PSU sendiri dilakukan pada Minggu (18/8). Ilham mengatakan dari 168 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebanyak 154 orang datang ke TPS. Ilham menuturkan hari ini proses rekapitulasi masih dilanjutkan pada tingkat kabupaten.
"Proses pemungutan suara ulang di TPS 1 Desa Bolobia, Kecamatan Kinavaro, Sulteng terdaftar 168 DPT, yang hadir 154," kata Ilham.

"Hari (ini) dilanjutkan rekap di PPK dan Kabupaten," sambungnya.

Komisioner KPU Ilham SaputraKomisioner KPU Ilham Saputra (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Menurut Ilham, proses PSU di Desa Bolobia berjalan lancar. PSU ini juga dihadiri oleh para saksi parpol, KPU Kabupaten Sigi hingga panitia pemilih kecamatan (PPK).


"Proses PSU berjalan lancar, dihadiri oleh para saksi, pengawas TPS juga KPU Provinsi Sulteng, KPU Kabupaten Sigi serta anggota PPK Kinnavaro," tuturnya.

Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya memerintahkan KPU melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada TPS 1 Desa Bolobia Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Putusan ini terkait gugatan Partai PDI Perjuangan.

Dalam pertimbanganya, MK menyebut terbukti tidak adanya fomulir C7 dalam kotak suara di TPS tersebut. Tidak adanya dokumen ini membuat tidak dapat dipastikannnya kemurnian atau hasil suara, sehingga Mahkamah meragukan hasil kemurnian suara di TPS tersebut.



Tonton video Gugatan Pileg Berguguran di MK, KPU: Kami Sudah Sesuai Aturan:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com