detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 11:45 WIB

Rusuh di Manokwari, Fadli Zon Minta Penanganan Cepat dan Tepat

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rusuh di Manokwari, Fadli Zon Minta Penanganan Cepat dan Tepat Foto: Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang membidangi urusan politik dan keamanan meminta pemerintah melakukan tindakan tepat dan cepat menangani kerusuhan di Manokwari. Dia menegaskan kedua pendekatan itu harus dilakukan beriringan.

"Dari sejak dulu kita ingin harus ada penanganan yang cepat dan tepat. Cepat saja kurang kalau tidak tepat. Jadi kecepatan dan ketepatan approach itu menurut saya sangat penting," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).


"Kalau tidak cepat ini bisa bergulir lebih panjang lagi masalahnya. Tapi kalau tidak tepat, bisa membuat masalah-masalah yang baru," imbuhnya.

Menurut Fadli, DPR juga telah melakukan upaya diplomasi parlemen agar permasalahan yang menyangkut Papua tidak mengalami distorsi. Ia meminta tidak ada lagi interaksi yang membedakan perlakuan terhadap agama, suku, golongan, maupun etnis tertentu.

"Indonesia termasuk paling toleran, saya yakin Indonesia paling toleran se-dunia, karena semua pihak yang mempunyai keyakinan bisa hidup di sini," tuturnya.


Selanjutnya, Fadli meminta para tokoh bisa duduk bersama agar masalah ini tidak berlarut-larut. Ia berharap para tokoh dapat menenangkan masyarakat agar masalah yang terjadi tidak membesar.

"Jadi tentunya memang para tokoh dan pemimpin bisa mendudukkan ini bersama dan jangan membiarkan berlarut-larut, terutama mereka yang menjadi influencer atau tokoh berpengaruh harus duduk bersama menenangkan supaya ini nggak merembet dan menjadi bola salju," ucap Fadli.


Diberitakan, aksi demonstrasi memprotes insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya terjadi di Manokwari. Demonstrasi berujung rusuh membuat jalan-jalan di Manokwari diblokade massa. Gedung DPRD dan eks kantor gubernur dirusak.

Saat ini negosiasi masih dilakukan dengan pengunjuk rasa. Negosiasi dilakukan Wagub Papua Barat, Kapolda, dan Pangdam.



Unjuk Rasa di Manokwari Rusak dan Bakar Fasilitas Umum:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/tsa)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com