detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 10:41 WIB

BPTJ Buat Program 'Jalan Hijau', Ajak Warga Pakai Transportasi Umum

Rolando Fransiscus - detikNews
BPTJ Buat Program Jalan Hijau, Ajak Warga Pakai Transportasi Umum BPTJ kampanye agar masyarakat beralih ke transporasi umum (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Badan Pengelola Tranportasi Jabodetabek (BPTJ) memperkenalkan program bernama 'Jalan Hijau'. Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, mengungkapkan program ini mengajak masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum.

"Jadi gini, BPTJ akan memperkenalkan program baru yang disebut dengan jalan hijau. Kenapa jalan hijau menjadi penting, yang pertama adalah kita ingin masyarakat menggunakan transportasi yang dimiliki oleh semua orang," kata Bambang di Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).


BPTJ ingin semakin banyak orang yang menggunakan transportasi umum. Selain mengurangi kemacetan, menggunakan transportasi online juga membuat fisik lebih sehat karena membuat sehat dengan berjalan kaki.

"Maksudnya adalah transportasi yang menggunakan dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, barang transportasi ini sangat efisien, sangat mudah, sangat murah," ujarnya.

"Tidak perlu mengeluarkan biaya. Oleh karena itu BPTJ punya kepentingan sama-sama dengan Kementerian Kesehatan, bagaimana kita menggunakan transportasi yang kita miliki, yaitu dengan berjalan kaki," tambah Bambang.


BPTJ mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum karena kondisi polusi udara Jakarta yang makin parah. Diketahui, berdasarkan pemantauan situs AirVisual, kondisi udara Jakarta hampir selalu tidak sehat.

"Bahkan hari Jumat kemarin, kondisinya lebih parah lagi. Air quality index-nya mencapai angka 240. Biasanya hanya 150. Dan warnanya biasa merah, sekarang ungu. Artinya kalau sudah warna ungu, orang tidak boleh lagi beraktivitas di luar. Bahkan jendela-jendela disuruh tutup. Supaya tidak berhubungan dengan dunia luar," tambahnya.

Momen polusi yang sudah luar biasa inilah yang dimanfaatkan BPTJ memperkenalkan program 'Jalan Hijau' tersebut. Harapannya, masyarakat dapat menempuh titik terdekat dengan berjalan kaki.


"Inilah kondisi polusi yang ada di Jakarta. Oleh karena itu momen ini kami gunakan supaya orang mulai menggunakan dengan berjalan kaki untuk dari poin-poin terdekat," sebut Bambang.

"Selama ini selalu menggunakan transportasi yang lainnya. Dan sekarang kita mulai dengan berjalan kaki. Karena kesempatan inilah BPTJ mengadakan jalan kaki hijau sehingga nanti masyarakat, tentu untuk menempuh jarak-jarak yang tidak terlalu jauh, bisa menggunakan dengan berjalan kaki," imbuh Bambang.




Tonton video Transportasi Umum Jadi Cara Pemerintah Turunkan Private Car:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com