detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 10:24 WIB

Tim SAR Temukan KM Makmur Jaya yang Mati Mesin di Tengah Laut

Abdi Somat - detikNews
Tim SAR Temukan KM Makmur Jaya yang Mati Mesin di Tengah Laut Tim SAR Sibolga melakukan evakuasi para ABK Kapal Makmur Jaya ke KM Nakula. (Foto: Istimewa)
Sibolga - KM Makmur Jaya, yang dikabarkan mengalami mati mesin di Perairan Pulau Lakota, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, dapat ditemukan. Semua ABK juga ditemukan dalam kondisi selamat.

Informasi yang diperoleh KM Makmur Jaya ditemukan oleh Tim SAR Sibolga. KM Makmur Jaya ditemukan tim SAR di perairan Pulau Lakota, sekitar pukul 01.00 WIB, Senin (19/8/2019) dini hari.

KM Makmur Jaya ditemukan dalam kondisi mesin mati. Semua anak buah kapal (ABK) yang berjumlah 36 orang ditemukan dengan keadaan selamat. Selanjutnya, para ABK diangkut dengan menggunakan KM Nakula untuk dibawa kembali menuju Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga.


"Kapal berhasil kita temukan dalam keadaan mati mesin di Perairan Pulau Lakota, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sebanyak 29 orang telah kita evakuasi dalam kondisi selamat dan 7 orang masih berada dilokasi untuk memperbaiki Kapal Makmur Jaya " kata Harry Susanto, Koordinator Pos SAR, saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (19/8/2019).

Tujuh awak kapal termasuk Nakhoda dan teknisi tetap di KM Makmur Jaya untuk melakukan perbaikan mesin. Kapal tersebut nantinya akan kembali ke Sibolga setelah mesinnya sudah dapat dinyalakan kembali.



Tonton juga video Kerja Paksa dan Jerat Perbudakan ABK di Pelabuhan Benoa:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com