detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 03:17 WIB

KM Makmur Jaya Mati Mesin di Perairan Pulau Lakota Tapanuli Tengah

Abdi Somat Hutabarat - detikNews
KM Makmur Jaya Mati Mesin di Perairan Pulau Lakota Tapanuli Tengah Basarnas Cari KM Makmur Jaya yang Mati Mesin di Perairan Pulau Lakota Tapanuli Tengah (Foto: Istimewa)
Tapanuli Tengah - Kapal Motor (KM) Makmur Jaya mengalami mati mesin di perairan Pulau Lakota, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara. Informasi itu diperoleh tim SAR dari pemilik kapal, Bellina.

"Berdasarkan informasi dari Ibu Bellina yang kita terima menyebutkan, bahwa KM Makmur Jaya tujuan Pantai Barat Aceh dari Sibolga," kata Koordinator Pos SAR Sibolga Harry Susanto dalam keterangannya, Minggu (18/8/2019).



Menurut Harry, ada 36 anak buah kapal (ABK) dalam kapal berbobot 98 GT jenis cincin itu.

"Mesin kapal tersebut mati di sekitar Perairan Pulau Lakota Tapanuli Tengah saat akan mencari ikan menuju Perairan Pantai Barat Aceh," terang Harry.

Harry menyampaikan seluruh ABK di dalam kapal tidak dapat dihubungi melalui telepon seluler. Tim gabungan telah dikerahkan untuk mencari kapal tersebut.

"Saya bersama Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Sibolga dengan menaiki KN SAR Nakula telah menuju lokasi untuk operasi SAR. Untuk sampai ke lokasi, estimasinya sekitar 4 jam. Lanal Sibolga juga telah mengirimkan timnya untuk bergabung dengan SAR dalam operasi pencarian dibantu Polairud Mabes Polri," jelas Harry.
(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com