detikNews
2019/08/18 21:30:00 WIB

Round-Up

Semangat Kemerdekaan dari Desa Terpencil di Papua

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Semangat Kemerdekaan dari Desa Terpencil di Papua Foto: Desa di Papua Ini Baru Pertama Kali Rayakan 17 Agustus Sejak 1945 (Wilpret-detik)
Jayapura - HUT RI ke-74 terasa spesial di Desa Yongsu Sparai, Distrik Navenirara, Kabupaten Jayapura. Bagaimana tidak spesial, sejak Indonesia Merdeka tahun 1945, desa ini baru pertama kali merayakan HUT kemerdekaan.

Warga-warga di Desa Yongsu Sparai ini akhirnya bisa merasakan 17-an layaknya warga di daerah lainnya. Sejumlah perlombaan seperti lomba makan kerupuk, masukan paku dalam botol, balap karung, lomba bawa kelereng dengan menggunakan sendok akhirnya bisa dirasakan warga.

Semangat Kemerdekaan dari Desa Terpencil di PapuaFoto: Desa di Papua Ini Baru Pertama Kali Rayakan 17 Agustus Sejak 1945 (Wilpret-detik)


Tepat pada Sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 08.00 WIT upacara pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan dengan inspektur upacara kepala Kampung, Welson Sorondanya. Upacara ini pun dihadiri sejumlah tokoh desa, warga desa hingga anak-anak sebagai peserta upacara.



Welson Sorondanya dalam pidato upacaranya, mengatakan 17 Agustus merupakan hari bersejarah bangsa Indonesia dan hari ini sudah 74 tahun merdeka. Namun, dirinya sedih sekaligus bangga karena tahun ini di kampungnya baru pertama kali melakukan upacara.

"Baru kali ini kita mengadakan upacara di kampung kita ini yang sudah lama merdeka," ujar Welson saat memberikan pidato kemerdekaan, Sabtu (17/8/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com