detikNews
2019/08/18 21:00:46 WIB

Round-Up

Cerita HUT RI di Mancanegara yang Bikin Bangga

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Cerita HUT RI di Mancanegara yang Bikin Bangga Foto: Marco Fonza saat pimpin upacara Bendera di Toronto (dok. KJRI Toronto)
Jakarta - Ada beragam cerita unik dalam semarak gelaran acara HUT ke-74 RI di mancanegara. Dari cerita keseruan lomba makan kerupuk di New Delhi, India, kegigihan WNI di Denmark, hingga momen unik saat warna-warni bendera merah putih hiasi gedung tertinggi di Dubai Uni Emirat Arab.

HUT RI tak hanya dirasakan oleh warga Indonesia di dalam negeri, hal yang sama juga dirasakan oleh WNI yang tersebar di berbagai negara. Pada Minggu (18/8/2019), detikcom merangkum cerita-cerita keseruan mereka. Berikut ini rangkaian ceritanya:

Keseruan Lomba Makan Kerupuk di New Delhi, India

Lomba makan kerupuk tak hanya digelar di dalam negeri. Lomba makan kerupuk juga digelar di KBRI New Delhi. Acara ini jadi cara para WNI yang tinggal di India untuk mengobati rindu akan Tanah Air. Lomba dalam momen perayaan hari ulang tahun kemerdekaan ke-74 RI ini diikuti dengan antusias oleh para WNI di India ataupun para staf lokal KBRI.


Salah satunya Bowo yang sudah satu setengah tahun di India. Mahasiswa Aligarh Muslim University asal Indonesia ini mengaku baru kali ini ikut perayaan 17 Agustus di India.

"Seru. Beda rasanya ikut di sini," ujar Bowo di KBRI New Delhi, Sabtu (17/8/2019).

Selain lomba makan kerupuk, KBRI juga menggelar lomba balap karung dan perlombaan lainnya. Dubes Sidharto Suryodipuro mengatakan perayaan HUT RI di KBRI New Delhi bukan sekadar peringatan rutin, namun juga punya makna tersendiri.

"Ada sisi unik kalau kita berada di India karena India adalah bagian yang sangat penting dalam perjuangan kemerdekaan kita. Bahkan waktu peringatan pertama proklamasi kemerdekaan waktu itu konon di Yogyakarta, Bung Karno waktu itu menaikkan bukan hanya merah putih tapi juga bendera India. Karena sedemikian besarnya kedekatan," ucap Sidharto.

HUT RI di Melbourne, Australia Digelar di Tiga Tempat

HUT RI ke-74 juga berlangsung meriah di Melbournem Australia. Bahkan, peringatan HUT RI Ke-74 di Melbourne digelar sampai tiga tempat, tepat pada hari Sabtu (17/08/2019).

Upacara pengibaran bendera digelar di Kantor KJRI Melbourne, yang dimulai sekitar pukul 09:00 pagi. Berselang beberapa jam kemudian, pengibaran bendera digelar di Federation Square, lapangan utama di kota Melbourne, yang dimulai pukul 12:30 siang. Ratusan warga Indonesia dan sejumlah warga lokal antusias menyimak acara upacara pengibaran bendera tersebut.


Di kawasan Southbank, tepatnya di Queens Bridge juga ada perayaan HUT Kemerdekaan RI dengan acara yang bernama 'Indonesia Raya Festival'. Acara HUT RI ini juga disemarakkan dengan acara yang menampilkan lagui-lagu daerah Indonesia hingga bazar makanan khas Indonesia.

Syukuran HUT RI Di Kairo, Mesir

Acara HUT RI juga berlangsung khidmat sekaligus semarak di Kairo, Mesir. KBRI Kairo Mesir menggelar Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Wisma Duta KBRI Kairo. Helmy Fauzy bertindak selaku Inspektur Upacara, sementara Kolonel Arm. Alvin DS menjadi Komandan Upacara.

Upacara dihadiri sekitar 200 peserta baik jajaran staf KBRI, mahasiswa, masyarakat Indonesia, maupun murid-murid Sekolah Indonesia Kairo. Upacara yang dimulai pukul 08.30 waktu setempat berlangsung khidmat dan lancar.


Selain itu, Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi juga langsung mengirim utusan untuk memberi ucapan selamat HUT RI kepada perwakilan Indonesia di Kairo. Pihak KBRI sangat mengapresiasi pemerintah Mesir.

"Kunjungan ini merupakan penghormatan tinggi yang ditunjukkan Pemerintah Mesir, karena tidak banyak negara yang mendapatkan kunjungan kehormatan tersebut pada saat HUT suatu negara," kata Duta Besar RI, Helmy Fauzy, dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com