Round-Up

Cerita HUT RI di Mancanegara yang Bikin Bangga

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Agu 2019 21:00 WIB
Foto: Marco Fonza saat pimpin upacara Bendera di Toronto (dok. KJRI Toronto)
Foto: Marco Fonza saat pimpin upacara Bendera di Toronto (dok. KJRI Toronto)


Semarak Batik di Los Angeles, Amerika Serikat

Kemeriahan HUT RI ke-74 juga dirasakan WNI di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini ditandai dengan semaraknya pakaian batik dan pakaian tradisional dari berbagai wilayah Nusantara. Selain itu ada juga lomba permainan anak-anak hingga makanan tradisional.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles menggelar upacara HUT RI ke-74 di lapangan parkir kantor KJRI LA pada Sabtu (17/8/2019). Masyarakat Indonesia yang tengah berada di LA ikut meramaikan upacara tersebut.

"Upacara Perayaan HUT RI yang ke-74 ini terasa sangat meriah. Kami telah mengumumkan ke seluruh masyarakat Indonesia di kawasan Los Angeles dan sekitarnya untuk dapat menggunakan pakaian Batik/tradisional Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT RI tahun ini," ungkap Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P. Krisnawan dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, panitia juga menyediakan makanan khas Indonesia, diantaranya nasi kuning, pempek Palembang hingga es cendol. Penganan tersebut terbukti mampu mengobati rasa rindu kampung halaman.

Kegiatan ini dihadiri oleh tidak kurang 500 masyarakat/diaspora Indonesia dari kawasan Los Angeles dan sekitarnya. Berbagai kelompok masyarakat, seperti Harley Davidson Club Indonesia Amerika, Pecinta Sepeda Ontel Indonesia di Amerika dan Gojek Amerika turut meramaikan rangkaian upacara 17-an kali ini.

Warga Irak Jadi Pengibar Bendera RI di Baghdad, Irak

Di tengah keterbatasan dan kondisi keamanan yang belum kondusif, Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Baghdad tetap menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka HUT RI ke-74. Upacara berlangsung khidmat. Uniknya, acara Upacara Bendera juga diikuti oleh warga Irak.

Duta Besar RI untuk Irak Bambang Antarikso menyebut ada 2 orang dari 3 pengibar bendera merupakan warga asli Irak. Mereka bernama Amir staff KBRI, dan Hasan putra dari staff KBRI. Keduanya, kata Bambang, mengaku bangga terpilih menjadi pengibar bendera.

"Hal ini menunjukkan kedekatan hubungan antara KBRI dengan stafnya yang berkewarganegaraan Irak. Bagi Hasan, ini adalah kali pertama dia belajar baris berbaris dan mengibarkan bendera. Ada rasa takut dan sedikit gemetar tapi juga senang, katanya. Ayah Hasan yang merupakan staf KBRI berdiri di barisan peserta upacara terlihat bangga anaknya ikut mengibarkan Merah Putih," ujar Bambang dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2019).


Selesai upacara, KBRI melakukan syukuran dalam bentuk tradisi "Keruk Tumpeng" dan pembagian hadiah kepada pemenang pertandingan olah raga. Pertandingan olah raga itu sudah dilakukan lebih dulu dengan melibatkan seluruh staf kedutaan dan beberapa pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Najaf.

HUT RI di Mekah, Arab Saudi: Pembacaan Doa dan Pengibaran Bendera di Gua Hira

HUT ke-72 RI di Arab Saudi diperingati dengan segala keterbatasan. Di Madinah, upacara digelar di dalam ruangan. Ada di Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia Daerah Kerja (Daker) Madinah, juga di kamar hotel.

Petugas haji dari semua lini, mulai dari katering hingga bimbingan ibadah, ikut dalam upacara di lobi kantor Daker, Kamis (17/8/2017) sekitar pukul 08.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Kepala Daker, Amin Handoyo, didaulat menjadi Inspektur Upacara (Irup), sedangkan Kasi Perlindungan Jemaah (Linjam), Letkol Ali Nurrokhim, jadi pemimpin upacara.

Selain upacara, ada pula jemaah haji yang berdoa dan mengibarkan bendera merah putih di atas Jabal Nur, Gua Hira, tempat wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW.


Adalah jemaah asal Batang, Jawa Tengah, yang beraksi di tempat berbeda tersebut. Rombongan yang tergabung dalam kelompok terbang 9 Embarkasi Solo (SOC 9), mendaki Jabal Nur usai salat Subuh. Rombongan ini dipimpin salah satu pimpinan Ponpes Modern Tazzaka Batang, Anizar Masyhadi. Juga diikuti ketua kloter SOC 09 Ramdan, Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) Suwanto, dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Sair.

Tepat pada detik-detik peringatan proklamasi, bendera dikibarkan. Rombongan asal Batang merupakan satu-satunya jemaah yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Gua Hira.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3