detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 18:10 WIB

Jemaah Haji Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air

M Bakrie - detikNews
Jemaah Haji Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air Foto: Jemaah haji debarkasi Makassar tiba di tanah air (Bakrie-detik)
Makassar - Kedatangan Jemaah haji Kloter pertama debarkasi Makassar, Sulawesi Selatan mengalami keterlambatan 2 jam. Dijadwalkan Kloter pertama ini tiba pada 15.25 Wita namun mendarat pukul 17.20 Wita. 455 jemaah haji ini langsung menuju Asrama Haji Sudiang, Makassar.

"Jadi karena padatnya penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah sehingga kedatangan sejumlah haji kita ini mengalami keterlambatan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar, Minggu (18/08/2019).

Beberapa jemaah yang sakit, langsung dievakuasi dari Bandara menggunakan ambulans ke Klinik Asrama Haji. Mereka berjumlah 16 orang, mulai dari yang lansia, atau yang sakit tertentu dan sudah tidak bisa ikut dengan rombongan lainnya.

"Iya ada beberapa yang dievakuasi karena sakit. Perjalanankannya dari sana itu 11 jam," tambahnya.



Kedatangan jemaah haji asal Makassar dan Soppeng ini, langsung disambut dengan ratusan keluarga jemaah yang sudah menunggu sejak sore. Kondisi asrama pun penuh sesak dengan keluarga jemaah yang bahkan banyak memanjat pagar untuk melihat jemaah yang baru tiba.

"Kami sudah dari sore menunggu di sini. Awalnya kan jadwalnya jam 15.25 tapi terlambat datang. Yah kita tradisinya memang begini setiap tahun. Sepupu saya yang naik haji ini," kata seorang keluarga jemaah, Nurlina.

Diketahui, Kloter pertama Makassar ini sebelumnya berangkat pada 17 Juli 2019. Rencananya, mereka akan disambut oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com