detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 17:18 WIB

Ini Penyebab KM Izhar Terbakar yang Tewaskan 7 Orang di Konawe

Siti Harlina - detikNews
Ini Penyebab KM Izhar Terbakar yang Tewaskan 7 Orang di Konawe Foto: Pencarian korban KM Izhar di Konawe (Siti-detik)
Kendari - Tujuh orang tewas akibat terbakarnya KM Izhar di Konawe, Sultra. Penyebab kebakaran karena adanya percikan api dari mesin kapal.

Kepala Syabandar dan Otoritas Pelabuhan, Benyamin Ginting, menjelaskan, saat kebakaran ada dua ABK di dekat mesin. Sayangnya ABK tersebut tidak dapat memadamkan api tersebut.

Percikan api dari mesin menjadi penyebab utama hingga menjalar melalap seluruh badan kapal. Bangkai kapal karam di perairan dangkal, tidak jauh dari pesisir pantai Soropia, Kabupaten Konawe.

"Penyebab kebakaran karena adanya percikan api dari mesin kapal," ucap Benyamin, di lokasi pencarian, Minggu (18/8/2019).



Selain itu, Benyamin menambahkan, kapasitas penumpang melebihi batas. Berdasarkan manifest tercatat 30 orang, namun berbeda dengan jumlah pendataan usai kebakaran kapal sebanyak 69 orang Seluruh badan kapal hangus terbakar, menyisakan mesin dan tumpukan semen yang tidak hangus terbakar.

Dari musibah tersebut tercatat tujuh orang meninggal dan 61 orang selamat sedangkan 4 orang masih dalam pencarian hingga saat ini.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com