detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 13:25 WIB

Saat Anak Rimba Rayakan HUT RI Ke-74 di Jambi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Saat Anak Rimba Rayakan HUT RI Ke-74 di Jambi Suku anak rimba merayakan 17-an di Riau. (Foto: Istimewa)
Pekanbaru - Merayakan HUT RI bagi sebagian masyarakat Indonesia sudah menjadi kebiasaan. Tapi kondisi itu berbeda dengan kelompok suku pedalaman Orang Rimba di Jambi.

Artinya, kelompok Orang Rimba tidaklah terlalu paham tentang kemerdekaan RI. Apalagi sekelompok anak-anak mereka. Secara perlahan, aktivis lingkungan Warsi di Jambi mengedukasi kelompok masyarakat yang hidup di tengah hutan rimba di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) di Jambi.

Pada HUT RI ke-74 tahun 2019 ini, guru pendidikan nonformal dari Warsi, Yohana, mengajak muridnya mengenal arti kemerdekaan. Mengajak mereka merayakan sebagai mana anak-anak Indonesia umumnya yang mengikuti berbagai lomba yang menjadi hiburan.

"Kita mengadakan perlombaan buat anak-anak Rimba sebagai lazimnya anak-anak Indonesia lainnya ikut meriahkan hari kemerdekaan," kata Yohana, yang dipanggil Juana oleh para muridnya, dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (18/8/2019).


Namanya berubah menjadi Juana karena susahnya anak-anak Rimba melafalkan kalimat Yohana. Perubahan nama itu tak menjadi persoalan.

Juana mengajak murid-murid pendidikan nonformalnya untuk ikut mengibarkan sang Merah Putih di sekolah mereka. Lokasinya di wilayah perbatasan antara Desa Dukit Suban dan taman nasional. Anak-anak Rimba ini merupakan dari kelompok tokoh adat, Tumenggung Grip.

Belasan anak-anak Orang Rimba, di kawasan hutan berlari membawa Merah Putih. Mereka menuju sekolah nonformalnya. Di sana, bocah-bocah ini lantas mengikatkan sang Merah Putih di sebuah tiang besi di halaman sekolahnya.


Setelah mengibarkan bendera, guru mereka pun mengajaknya untuk menggelar berbagai lomba. Ada lomba makan kerupuk, memasukan kelereng ke dalam botol, mencabut koin dari buah jipang, dan memecahkan balon.

Gelak tawa renyah menghiasi sesama mereka nan jauh dari akses publik dan kebisingan kota. Mereka juga bersemangat ketika lomba menembak kaleng dengan ketapel.

"Seluruh perlombaan untuk anak-anak Orang Rimba diikuti dengan semangat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada mereka tentang Keindonesiaan," kata Juana.



Tonton juga video Jambi Dikepung Kabut Asap Kiriman Karhutla Musi Banyuasin:

[Gambas:Video 20detik]


(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com