detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 12:26 WIB

Kapal Nelayan Dibajak di Maluku, 2 ABK Tewas

Muslimin Abbas - detikNews
Kapal Nelayan Dibajak di Maluku, 2 ABK Tewas Foto: Lokasi pembajakan di Maluku (Dok Basarnas)
Ambon - Kapal Mina Sejati yang memuat 30 ABK dibajak saat berlayar di perairan Maluku. 2 orang tewas dalam peristiwa itu dan diduga pelaku pembajakan adalah ABK dari kapal tersebut.

"Menyampaikan informasi pembajakan dari Korpos SAR dan PSDKP Tual, Maluku bahwa KM Mina Sejati yang di nahkodai Ko Awi yang di bajak di laut oleh 3 orang ABK sendiri," kata Kabasrnas Ambon Muslimin, saat dihibungi detikcom Minggu (18/8/2019).

Muslimin mendapat informasi pembajakan Sabtu (17/8), sekitar pukul 16.00 WIT. Kala itu petugasnya mendapat info adanya 9 orang yang kabur dari KM Mina sejati namun hanya 7 orang yang selamat. Mereka yang selamat ditolong nelayan setempat dan sesampainya di darat mereka melapor ke Posko SAR.



"jadi Informasi dari korban selamat yang melompat dari kapal tersebut bahwa kapal tersebut di rampok oleh ABK sendiri yang berjumlah 3 orang dan 18 orang masih berada atas kapal kita belum mengetahui nasibnya,"Ujar Muslimin.

"2 orang dinyatakan meninggal dunia," sambungya.



Muslimin menambahkan 2 kapal nelayan yang menolong 7 korban yang selamat tidak berani mendekati kapal yang di bajak lantaran mendapat informasi pembajak membawa senjata tajam.

"Karena kapal yang menolong korban selamat tidak berani mendekat berhubung informasi bahwa yang merampok membawa senjata tajam. Kita (SAR) belum tahu jenis benda tajam apa," tuturnya,

Basarnas hanya bisa menunggu perkembangan bila diperlukan evakuasi korban tim SAR gabungan akan diberangkatkan karena hal tersebut merupakan kriminal dimana penangannya harus dari apparat bersenjata. Minggu (18/8/2019) pagi tadi telah diberangkatkan KRI Lanal dari Kota Dobo menuju lokasi kapal yang di bajak.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com