detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 10:48 WIB

Bangun 53 Taman Baru di Jakarta, Anies: Desember Semua Jadi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Bangun 53 Taman Baru di Jakarta, Anies: Desember Semua Jadi Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI sedang membangun 53 taman baru di tahun 2019. 53 taman baru itu ditargetkan rampung pada awal Desember tahun ini.

"Insyaallah awal Desember semuanya sudah jadi. Tadi juga sudah dilaporkan Kepala Dinas Kehutanan bahwa awal Desember semua selesai," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di usai peresmian Taman Spot Budaya 2, Dukuh Atas, Jakarta Selatan, Minggu (18/8/2019).

Anies belum menjelaskan detail di mana lokasi 53 taman baru yang diberi nama Taman Maju Bersama itu dibangun. Namun, ia menyebut proses pembangunan kini sudah ada yang mencapai 80 persen.

"Progresnya bervariasi antara 40 sampai dengan 80 persen," sebutnya.

Anies mengatakan tujuan pembangunan taman-taman baru itu untuk memberikan fasilitas interaksi publik bagi warga Jakarta. Rencananya, Pemprov DKI akan membangun 50-an lebih taman setiap tahunnya. Anies menambahkan Pemprov DKI juga melibatkan peran langsung dari masyarakat dalam perancangan konsep taman-taman baru tersebut.

"Taman-taman di seluruh Jakarta yang sedang kita bangun, 53 taman itu dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat. Jadi masyarakat sekitar taman diajak untuk berunding, merancang bersama. Dengan cara seperti itu taman-taman ini menjawab kebutuhan masyarakat yang sehari menggunakan tamannya. Inilah prinsip kolaborasi yang selalu kita dengungkan. Kewenangan membangunnya ada pada Pemprov, kemampuan anggarannya juga ada pada Pemprov. Tapi idenya, solusi-solusi yang dibuat di situ sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bisa dari masyarakat," pungkas Anies.



Video Pemprov DKI Pasang Peta dan Signage di 28 Halte:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com