Anies Baswedan Resmikan Taman Spot Budaya 2 di Dukuh Atas

Anies Baswedan Resmikan Taman Spot Budaya 2 di Dukuh Atas

Ibnu Hariyanto - detikNews
Minggu, 18 Agu 2019 10:20 WIB
Anies saat peresmian Taman Spot Budaya di Dukuh Atas. (Ibnu/detikcom)
Anies saat peresmian Taman Spot Budaya di Dukuh Atas. (Ibnu/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Spot Budaya 2 di Dukuh Atas, Jakarta Selatan. Taman Spot Budaya 2 merupakan fasilitas interaksi publik yang dibangun oleh Pemprov DKI.

Peresmian dilakukan pada Minggu (18/8/2019). Taman Spot Budaya 2 ini terletak di dekat Halte TransJakarta Dukuh Atas, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Anies Baswedan Resmikan Taman Spot Budaya 2 di Dukuh AtasAnies Baswedan saat meresmikan Taman Spot Budaya di Dukuh Atas. (Ibnu/detikcom)

Anies mengatakan Taman Spot Budaya 2 ini dulu merupakan jalan raya yang diubah fungsinya menjadi taman. Hal itu dilakukan untuk memberikan ruang interaksi kepada masyarakat yang berkegiatan di kawasan Jl Jenderal Sudirman.

"Di tempat ini adalah spot budaya, dahulu di sini adalah jalan untuk kendaraan pribadi mobil maupun motor kemudian jalan ditutup dan diubah menjadi taman. Taman ini kita menginginkan ini menjadi spot budaya baru di mana masyarakat yang bekerja berkegiatan di kawasan Sudirman, mereka bisa menikmati kegiatan yang bervariasi setiap hari," kata Anies.


Anies menjelaskan, pembangunan Taman Spot Budaya 2 merupakan salah satu program Pemprov DKI untuk menyediakan ruang ketiga bagi warga Jakarta. Menurut Anies, di ruang ketiga tersebut seluruh lapisan masyarakat dari bisa berkumpul dan berinteraksi bersama.

"Kita menginginkan adanya ruang ketiga yang memberikan pengalaman baru. Ruang pertama adalah di rumah, ruang kedua dan tempat kerja, dan ruang ketiga ada di antara keduanya. Ruang-ruang ketiga seperti ini memiliki prinsip kesetaraan, di mana siapa saja dari latar belakang ekonomi apa saja bisa masuk dan keluar bisa menikmati tempat ini," ujarnya.


Anies mengatakan pembangunan Taman Spot Budaya 2 ini melibatkan langsung peran masyarakat. Menurutnya, Pemprov DKI mengajak komunitas skateboard dan BMX dalam merancang Taman Spot Budaya 2 tersebut.

"Anda kalau lihat tempat ini yang di Spot Budaya ini dikerjakan perancangannya bersama dengan komunitas skateboard, komunitas BMX sehingga desainnya bukan pemerintah sendiri tapi bersama-sama dengan komunitas," ucapnya.

Anies kemudian berkeliling dan meninjau langsung Taman Spot Budaya 2 tersebut. Anies tampak menikmati penampilan dari komunitas skateboard dan komunitas BMX di area skate park Taman Sport Budaya 2.




Tonton video Anies: Kualitas Udara di Jakarta Mencerminkan Kegiatan Kita:

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/fdu)