detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 08:35 WIB

PAN Siap Dukung Jokowi Tanpa Kursi Menteri, PDIP: Pernyataan Tentatif

Eva Safitri - detikNews
PAN Siap Dukung Jokowi Tanpa Kursi Menteri, PDIP: Pernyataan Tentatif Foto: Ilustrasi (Grandyos Zafna-detikcom).
Jakarta - PDIP menilai pernyataan Ketum PAN Zulkifli Hasan soal siap mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tanpa kursi menteri sebagai pernyataan yang tentatif atau belum pasti. PDIP lebih menunggu sikap PAN secara resmi.

"Ya sebetulnya itu masih pernyataan yang tentatif ya karena kita juga harus menunggu pernyataan resmi di acara atau di forum resmi dari PAN," ujar Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari saat dikonfirmasi, Minggu (18/8/2019).

Eva pun tidak yakin kalau Zulkifli rela mendukung Jokowi meski tidak mendapat kursi menteri. Hal ini karena PAN sangat kritis ke Jokowi saat mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

"Saya sih paham kalau Pak Zul tidak mengharap di kabinet karena memang sejak pilpres ditetapkan beliau ada di kubu sebelah, dan selama pilpres juga kan sikapnya paling kritis lah terutama Pak Amien Rais. Jadi sebaiknya kita tunggu saja pernyataan resmi organisasi di forum yang resmi juga oleh PAN," ucapnya.

PAN Siap Dukung Jokowi Tanpa Kursi Menteri, PDIP: Pernyataan TentatifFoto: Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari (Ari Saputra-detikcom).
Lebih lanjut, Eva mengapresiasi pernyataan Zulhas tersebut. Menurutnya sikap tersebut diperlukan untuk mendorong terciptanya persatuan dan kesatuan usai pilpres 2019.

"Tapi pernyataan Pak Zul sangat membuat sejuk di tengah suasana yang menurut saya butuh dorongan-dorongan untuk rekonsiliasi terutama di masyarakat bawah," katanya.


Kini, PAN belum menyatakan sikap resmi setelah Prabowo Subianto kalah. Namun Zulkifli menekankan siap mendukung Jokowi dan berharap Presiden menyejahterakan rakyat.

"Ya dukung saja. Karena harus sukses. Partai politik itu maunya rakyatnya sejahtera kan. Yang penting presiden menyejahterakan rakyat kita dukung," ucap Zulhas di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8).



Tonton juga video Kursi Pimpinan MPR dan Jalan Tengah Rekonsiliasi:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com