detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 07:40 WIB

Bantu Jokowi Cari Menko PMK, Begini Caranya!

Tim detikcom - detikNews
Bantu Jokowi Cari Menko PMK, Begini Caranya! Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Jakarta - Kabinet Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua bisa jadi masih dibantu sejumlah menteri koordinator, salah satunya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Siapa sosok yang tepat untuk mengisi posisi tersebut?

Jika Detikers punya saran nama yang tepat sebagai Menko PMK, yuk sampaikan lewat program detikcom bertajuk 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Caranya mudah yaitu dengan mengisi form survei ini.



Sebagai gambaran, seorang Menko PMK akan memimpin Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Berdasarkan Perpres 9/2015, Kemenko PMK mengoordinasikan:

a. Kementerian Agama;
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
c. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi;
d. Kementerian Kesehatan;
e. Kementerian Sosial;
f. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi;
g. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
h. Kementerian Pemuda dan Olahraga; dan
i. Instansi lain yang dianggap perlu.

Selain memberi usulan nama Menko PMK, Detikers juga bisa menyarankan sosok-sosok mumpuni untuk mengisi pos-pos menteri lain. Survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri' dapat diakses di detik.id/carimenteri. Survei berlangsung pada 12-19 Agustus 2019.



Detikers yang turut mengusulkan nama calon menteri lewat survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri' berkesempatan mendapatkan hadiah Rp 500 ribu rupiah. Hadiah diberikan kepada Detikers yang mengisi lengkap usulan nama calon menteri beserta posisinya saat ini.

Selanjutnya nama calon menteri usulan Detikers akan diverifikasi oleh tim pakar dan menjadi bahan Focus Group Discussion. Tim pakar akan mengerucutkan nama-nama yang masuk menjadi 6 calon menteri per kementerian.

Detikers akan kembali dilibatkan lewat survei untuk mengerucutkan dari 6 menjadi 3 besar calon menteri. Nah tiga nama calon menteri plus nama menteri incumbent akan diserahkan ke Presiden Jokowi sebagai masukan masyarakat untuk kabinet lima tahun ke depan.



Ini bukan pertama kalinya detikcom membantu Jokowi mencari menteri. Pada tahun 2014, detikcom mengadakan 'Seleksi Menteri' dan beberapa nama dari program tersebut masuk ke Kabinet Kerja 2014-2019.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang!
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com