detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 00:50 WIB

Rayakan HUT RI ke-74, Pendaki Panjat Pinang di Puncak Gunung Sibayak

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Rayakan HUT RI ke-74, Pendaki Panjat Pinang di Puncak Gunung Sibayak Foto: Sejumlah pendaki merayakan HUT RI ke-74 di puncak Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (dok. Istimewa).
Medan - Sejumlah pendaki merayakan HUT RI ke-74 di puncak Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Mereka menggelar lomba panjat pinang dan tarik tambang.

Sebelumnya, pada Sabtu (17/8/2019) pagi, para pendaki tersebut menggelar upacara di dekat kawah gunung. Kegiatan ini digagas Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam (GMPA) Institut Teknologi Medan (ITM) beserta beberapa lembaga lain.

"Setelah upacara kemudian ada perlombaan panjat pinang. Ada juga lomba tarik tambang," kata Ayang, salah seorang peserta upacara.

Disebutkan, proses persiapan kegiatan ini berlangsung sejak beberapa hari sebelumnya. Batang pinang yang dipergunakan dalam kegiatan ini dipanggul secara bergantian dari bawah hingga ke puncak gunung yang berada di ketinggian 2.212 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut.

Pelaksanaan upacara di puncak Gunung Sibayak sendiri sudah rutin digelar dalam beberapa waktu terakhir. Pesertanya terutama berasal dari kalangan pecinta alam di Sumatera Utara.
(rul/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com