Sapa Paskibraka-Paduan Suara, Jokowi Bagi-bagi Sneakers dan Sepeda

Sapa Paskibraka-Paduan Suara, Jokowi Bagi-bagi Sneakers dan Sepeda

Andhika Prasetia - detikNews
Sabtu, 17 Agu 2019 20:03 WIB
Jokowi. (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jokowi. (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Usai upacara dalam rangka hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa anggota Paskibraka dan paduan suara yang bertugas di Istana hari ini. Jokowi juga membagikan sneakers dan sepeda.

Ramah tamah digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019) malam. Jokowi menyapa dan menyalami anggota Paskibraka dan paduan suara di lokasi.



Acara ini juga diisi hiburan panggung yang dimeriahkan RAN. Jokowi yang usai bersalaman dan melayani permintaan foto, naik ke panggung dan menyampaikan pesan persatuan.

"Kita harus saling mengenal. Ini sudah jadi hukum Tuhan, hukum Allah. Keutuhan NKRI ke depan, tergantung pada saudara semuanya. Jangan karena Pilpres, Pilgub, Pilbup, Pilwalkot, menjadi tidak rukun," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menggelar kuis. Ia bertanya kepada peserta yang memiliki ukuran sepatu 43. Kemudian salah seorang anggota paduan suara bernama Abel asal Sulawesi Selatan maju membaca Pancasila di depan Jokowi.

Hadiah sepatu diterima Abel. Sepatu produk lokal berwarna merah ini pernah dipakai Jokowi saat pawai obor Asian Games 2018 di Istana tahun lalu.

"Ini adalah sepatu, sepatu saya. Sudah saya pakai. Ini produksi dalam negeri dari Bandung. Ini yang akan saya berikan pada Abel. Ini, jadi sepatunya itu agak kotor dikit karena pernah dipakai," ujar Jokowi.

JokowiJokowi. (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)




Jokowi juga memanggil Rangga, anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera pusaka. Jokowi bertanya mengapa Abel terlihat cemas.

"Bawaan aja mungkin pak, grogi," aku Rangga.

"Ya sudah, makasih. Mungkin ada beban apa gitu. Apa ingat pacar di rumah sehingga gugup. Ya sudah, terima kasih," ucap Jokowi.

"Rangga saya beri sepeda. Diambil aja," imbuh Jokowi. Rangga lalu mengambil sepeda pemberian Jokowi setelahnya. (idn/idn)