detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 19:21 WIB

BKD Tegur PNS DKI yang Tak Tertib Saat Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi

Dwi Andayani - detikNews
BKD Tegur PNS DKI yang Tak Tertib Saat Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - Kepala Sub Bidang Disiplin pada BKD DKI Jakarta, Kukuh Giwangkara mengatakan pihaknya menegur sejumlah PNS DKI yang tidak tertib saat upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi. PNS yang ditegur karena keluar area saat upacara berlangsung.

"Sudah ditegur, disuruh balik lagi ke area upacaranya. Kita kalau memang ada yang kabur ya kita tegur," ujar Kukuh saat dihubungi, Sabtu (17/8/2019).



Saat upacara pagi tadi, beberapa PNS DKI tampak tidak tertib. Mereka terlihat keluar dari barisan peserta upacara. PNS yang menggunakan seragam Korpri itu terlihat duduk-duduk di pinggir lapangan bagian belakang, ada pula yang berkumpul di beberapa titik di luar barisan peserta upacara.

Kukuh menuturkan, PNS tersebut tak bisa keluar langsung area karena diamankan Satpol PP. "Tadi saya pantauan sih pada masuk semua ke sana. Panggung sama itu kan jauh jadi kelihatannya itu ada yang ke belakang, padahal mah nggak itu sudah ditahan sama Satpol," tuturnya.

Kukuh juga mengatakan terdapat sanksi disiplin apabila PNS tidak mengikuti upacara. "Kalau nggak masuk akan diberikan sanksi, kalau di aturan kita itu hukuman disiplin," kata Kukuh.



Pemprov DKI memberlakukan sistem absensi dengan QR code scan terhadap PNS DKI yang mengikuti upacara di Pulau Reklamasi. Total 9.000 barcode yang dibuat untuk absensi PNS.

Sejauh ini, kata Kukuh, sistem tersebut berjalan lancar. Namun, dia belum mendapat laporan data jumlah PNS DKI yang absen di upacara HUT RI.

"Hasilnya cukup bagus. Karena tadi kan jumlahnya lebih banyak dari upacara yang di Monas," ujarnya.


HUT ke-74 RI, Anies: Jakarta Kota yang Hargai Pejuang

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com