detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 17:13 WIB

Gubernur Koster Bangga Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat HUT Ke-74 RI

Aditya Mardiastuti - detikNews
Gubernur Koster Bangga Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat HUT Ke-74 RI Gubernur Bali Wayan Koster (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Badung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih baju adat dari Klungkung, Bali, saat memimpin upacara HUT ke-74 RI di Istana. Gubernur Bali Wayan Koster mengaku bangga busana adat Bali menjadi busana yang digunakan Jokowi hari ini.

"Bukan soal Klungkung yang mana, tapi Bali. Kita sebagai krama Bali dengan Pergub Nomor 79/2018 tentang hari penggunaan busana adat Bali harus bersyukur Bapak Presiden saja antusias menggunakan baju Bali, bahkan sampai ke Malaysia kan gagah sekali presidennya itu, ganteng banget," kata Koster seusai upacara pemberian remisi di Lapas Kerobokan, Badung, Bali, Sabtu (17/8/2019).

"Jadi kita di Bali harus lebih disiplin dan tertib lagi, harus makin disiplin dan mencintai identitas budaya Bali," sambungnya.



Koster mengatakan, sebelum upacara hari kemerdekaan, Jokowi sudah menghubungi Dinas Kebudayaan terkait busana adat Bali. Rupanya, Jokowi sempat diberi tiga alternatif busana.

"Jadi yang dihubungi dari dinas kebudayaan, kemarin dia minta model-model busana adat Bali, dikasih tiga alternatif beliau pilih sendiri. Ada model seperti madya, ada yang khas kabupaten, nah itu beliau yang pilih, kan ada 9 kabupaten ada Klungkung, Gianyar, gitu," jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi mengaku memilih mengenakan baju adat Klungkung untuk upacara HUT ke-74 RI di Istana. Salah satu alasannya, Indonesia memiliki ribuan budaya pakaian adat.

"Kita kan sudah 5 tahun ini sudah ganti-ganti. Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Sunda, Jawa, Betawi. Kemudian ke sana, Bali, Sasak, Bugis, pernah semua memang," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Sabtu (17/8).

"Kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan, jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semua akan kita, ya...," sebut Jokowi.


Simak Video "Ini Pemenang Baju Adat Terbaik HUT Ke-74 RI di Istana"

[Gambas:Video 20detik]


(ams/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com