detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 16:35 WIB

Jakarta Berpolusi, Sandiaga Cari Cara Biar Nyaman Olahraga

Jeffrie Nandy Satria - detikNews
Jakarta Berpolusi, Sandiaga Cari Cara Biar Nyaman Olahraga Kondisi udara di Jakarta Sabtu (17/8/2019). (Jabbar Ramdhani/detikcom)
Jakarta - Kondisi Jakarta dengan polusi udara membuat Sandiaga Uno mencari cara berolahraga di luar ruangan. Sandiaga tak ingin kondisi kesehatannya menurun karena terpapar polusi saat berolahraga.

"Ini saya sudah hampir 2 minggu, karena saya belum menemukan caranya olahraga di luar yang bisa nyaman tanpa harus mengorbankan kondisi kesehatan," kata Sandiaga kepada wartawan setelah mengikuti kegiatan di Tebet, Jaksel, Sabtu (17/8/2019).

Sandiaga mengaku kondisi badannya juga terganggu saat berolahraga di luar ruangan. "Sekarang ini saya ada radang tenggorokan yang nggak hilang-hilang itu karena tadi pagi bersepeda, kemarin lari," imbuhnya.




Namun Sandiaga tak ingin ada saling tuding terkait polusi udara. Menurutnya, penggunaan transportasi umum bisa membantu memulihkan kondisi udara Ibu Kota.

"Kita sudah tahu 50% polusi itu dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Akan turun secara signifikan kalau makin banyak yang menggunakan kendaraan transportasi umum," kata dia.




Penyumbang polusi lainnya, menurut Sandiaga, berasal dari pabrik di sekeliling Jakarta. "Selama mereka bisa bertransformasi, berinvestasi untuk menurunkan emisi karbonnya, ini akan memperbaiki kualitas udara di Jakarta," tutur Sandiaga.


AirVisual: Udara Jakarta Pagi Sangat Tidak Sehat!:

[Gambas:Video 20detik]




(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com