detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 14:38 WIB

Golkar soal Gerindra Sepaket Pimpinan MPR: Harus Dibahas Koalisi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Golkar soal Gerindra Sepaket Pimpinan MPR: Harus Dibahas Koalisi Ace Hasan Syadzily (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - PKB menyebut masih ada kemungkinan Partai Gerindra bergabung dalam paket pimpinan MPR Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Partai Golkar meminta persoalan ini dibahas terlebih dahulu di lingkup internal koalisi.

"Kami sudah bicara dengan Pak Jokowi soal Ketua MPR yang dialokasikan bagi Partai Golkar. Bagi kami, yang penting Ketua MPR diberikan untuk Partai Golkar," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Sabtu (17/8/2019).

"Soal pimpinan MPR yang lain, tentu harus dibahas terlebih dahulu dengan koalisi. Itu yang paling penting," ucap Ace.
Ace memandang keputusan strategis perihal kenegaraan seharusnya dibahas di lingkup internal koalisi demi menjaga soliditas. Pembahasan soal kenegaraan itu termasuk usul Gerindra masuk paket pimpinan MPR versi KIK.

"Bagi kami, keputusan-keputusan strategis menyangkut posisi kenegaraan itu sudah seharusnya dibahas dalam internal koalisi agar koalisi ini tetap solid dan kuat," katanya.
Saat ditanya apakah Golkar tidak keberatan seandainya Gerindra masuk paket pimpinan MPR dengan catatan mereka tetap diberi kursi Ketua MPR, Ace menegaskan hal itu tetap perlu dibahas secara menyeluruh di lingkup internal koalisi. "Termasuk memasukkan Gerindra dalam paket pimpinan MPR, ya tentu harus dibahas dalam koalisi," tegas Ace.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding berbicara soal peluang Gerindra bergabung dengan koalisi Jokowi. Dia menyatakan ada partai-partai pengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang merasa cukup dalam hal koalisi, tapi masih ada kemungkinan Gerindra bergabung dalam paket pimpinan MPR.

"Adalah (kemungkinan Gerindra masuk koalisi). Kalau di MPR ada," kata Karding di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).


Kabinet Baru Jokowi 45% Parpol, Golkar: Insyaallah Masuk:


(gbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com