detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 11:53 WIB

Prabowo: Gerindra Perjuangkan Pemindahan Ibu Kota Sejak 2014

Faiq Hidayat - detikNews
Prabowo: Gerindra Perjuangkan Pemindahan Ibu Kota Sejak 2014 Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Antara Foto/Nyoman Budhiana)
Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut rencana pemindahan ibu kota negara merupakan perjuangan partainya sejak 2014. Namun pemindahan tersebut perlu penelitian yang baik.

"Pemindahan ibu kota sudah perjuangan Gerindra lama, dari 2014 sudah berjuang pemindahan ibu kota. Tapi tentu pindah ibu kota perlu penelitan yang baik, tempat di mana bisa diterima semua pihak, dan biaya juga tidak ringan," kata Prabowo seusai upacara peringatan HUT RI di kantor DPP Gerindra, Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2019).



Meski begitu, Prabowo tidak menyebutkan daerah yang terbaik untuk menjadi ibu kota negara berikutnya. Menurut dia, pencarian lokasi harus dibahas oleh para pakar.

"Cari yang terbaiklah. Harus dicari, cari pakar dan konsensus yang baik," ucap dia.



Soal rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan itu sempat disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang tahunan DPR-DPD kemarin. Ia meminta izin kepada para anggota Dewan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan. Rencana pemindahan ibu kota negara ini sudah beberapa kali dibahas.

"Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak-Ibu anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi di kompleks parlemen, kemarin.



Jokowi menegaskan ibu kota baru dirancang bukan hanya sebagai simbol identitas, tapi juga sebagai representasi kemajuan bangsa, dengan mengusung konsep modern, smart, and green city, memakai energi baru dan terbarukan, serta tidak bergantung pada energi fosil.

Selain itu, Jokowi menambahkan, dukungan pendanaan bagi pemindahan ibu kota akan sekecil mungkin menggunakan APBN. "Kita dorong partisipasi swasta, BUMN, maupun skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU)."


Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Sekecil Mungkin Menggunakan APBN:

[Gambas:Video 20detik]




(fai/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com