detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 02:00 WIB

Selain KLHK, Kementan-Kominfo Akan Dilibatkan Penanganan Karhutla

Tim detikcom - detikNews
Selain KLHK, Kementan-Kominfo Akan Dilibatkan Penanganan Karhutla Ilustrasi karhutla (Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Tangerang Selatan - Pemerintah akan melibatkan kementerian lain dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Saat ini, hanya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saja yang terlibat dalam penanganan karhutla.

"Ke depan akan memperluas koordinasi. Selama ini KLHK, TNI, Polri, BMKG, BNPB, beserta BPBD daerahnya. Nanti akan diperluas kepada kementerian lain," ujar Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Condro Kirono di Pangkalan Udara Direktorat Polisi Udara Baharkam Polri, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (16/8/2019), seperti dilansir Antara.




Condro mengatakan kementerian lain yang akan terlibat penanganan karhutla yakni Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dia menjelaskan Kementan nantinya akan berperan dalam memberikan saran terkait tanaman apa yang sebaiknya ditanam di lokasi yang selama ini rawan terbakar.

"Kementan adalah bagaimana penyuluh pertanian di daerah. Semua fokus tidak membuat lahan terbakar. Apakah itu kopi liberika atau mungkin tanaman lain yang tidak menyerap air cukup banyak seperti sawit kalau di lahan gambut," kata Condro.

Kominfo sendiri dapat memberikan imbauan kepada masyarakat. Selain itu, Kominfo juga berperan dalam memberikan akses informasi pengendalian karhutla.


Jambi Dikepung Kabut Asap Kiriman Karhutla Musi Banyuasin:

[Gambas:Video 20detik]




(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com