Baju Sasak Jokowi Dibalas Sindiran Fahri

Round-Up

Baju Sasak Jokowi Dibalas Sindiran Fahri

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Agu 2019 20:31 WIB
Jokowi pakai baju adat Sasak (Foto: Lamhot Aritonang)
Jokowi pakai baju adat Sasak (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadirkan penampilan khusus saat menyampaikan pidato kenegaraan yaitu dengan baju adat Sasak dari NTB. Tapi, penampilannya itu mendapat sindiran dari Fahri Hamzah.

Saat sidang tahunan MPR, Jumat (16/8/2019), Jokowi memakai jas biru tua dan peci. Usai sidang, Jokowi menunggu di ruang tunggu selama sekitar 15 menit. Ternyata, saat itu Jokowi berganti pakaian.

Ketika hadir di Sidang Bersama DPD-DPR, Jokowi masuk kembali ke ruang sidang paripurna dengan pakaian berbeda. Jokowi memakai baju adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat.



Jokowi sadar bahwa pakaian daerah yang dipakainya itu menarik perhatian. Di awal pidato kenegaraannya, Jokowi menjawab pihak yang bertanya-tanya dengan menyebut bahwa baju yang dipakainya merupaka baju adat Sasak.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, yang berasal dari NTB berterima kasih karena Jokowi memilih busana tersebut untuk dipakai hari ini. Dia lalu mengulas soal pakaian Jokowi saat menghadiri Kongres V PDIP di Bali pada pekan lalu. Jokowi kala itu sempat menggunakan baju adat Bali dan mengatakan sengaja memakainya karena menang telak di Bali dengan raihan suara 91,6 persen di Pilpres 2019.

Jokowi pakai baju adat Bali saat Kongres PDIP / Jokowi pakai baju adat Bali saat Kongres PDIP / Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr


Fahri pun lantas menyinggung kekalahan Jokowi di NTB. Menurutnya, Jokowi telah berlaku seimbang karena mengenakan dua pakaian adat tersebut.

"Karena waktu itu kan mengingatkan Pak Jokowi kan waktu itu di Bali dia bilang pakai (baju) adat bali karena menang di Bali," tuturnya.

"Sekarang karena kalah di NTB. Baguslah, balance, ha-ha-ha...," ucap Fahri.



Namun pihak Istana Kepresidenan menyatakan makna busana itu tak terbatas tentang politik pemilu itu saja. Ada makna lain dari keputusan Jokowi untuk memakai baju daerah.

Selanjutnya
Halaman
1 2