detikNews
2019/08/16 20:07:40 WIB

Round-Up

Jokowi Minta Ukuran Berantas Korupsi Diubah, KPK Bilang Sudah

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jokowi Minta Ukuran Berantas Korupsi Diubah, KPK Bilang Sudah Ilustrasi KPK (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Di hadapan para anggota dewan, seorang Joko Widodo meminta parameter pemberantasan korupsi diubah. Presiden Republik Indonesia itu ingin agar aparat penegak hukum bisa lebih menyelamatkan keuangan negara sebelum menjadi bancakan para koruptor.

"Keberhasilan para penegak hukum bukan hanya diukur dari berapa kasus yang diangkat dan bukan hanya berapa orang dipenjarakan," ucap Jokowi Widodo yang lebih dikenal dengan singkatan Jokowi tersebut.

Jokowi menekankan keberhasilan pemberantasan korupsi bila potensi kerugian negara dapat diselamatkan. Poin tersebut menjadi salah satu bidang pencegahan bila membicarakan tentang upaya pemberantasan korupsi.

Jokowi Minta Ukuran Berantas Korupsi Diubah, KPK Bilang SudahPresiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)




Untuk mewujudkan hal tersebut Jokowi mengatakan manajemen tata kelola dan sistem pemberantasan korupsi harus dibangun sedemikian rupa. Di sisi lain Jokowi ingin agar pemberantasan korupsi gaya baru itu tidak malah menebar ketakutan.

"Kita harus terus mencegah korupsi tanpa mengganggu keberanian berinovasi. Kita harus memanfaatkan teknologi yang membuat yang sulit menjadi mudah dan yang rumit menjadi sederhana," ucapnya.

Sebagai salah satu benteng terdepan pemberantasan korupsi, KPK pun menanggapi 'titah' Jokowi. Apa kata KPK?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com