detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 17:25 WIB

Jokowi Sentil Kunker ke LN, Fadli Zon: Kalau DPR Adanya Diplomasi Parlemen

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jokowi Sentil Kunker ke LN, Fadli Zon: Kalau DPR Adanya Diplomasi Parlemen Foto: Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil jajaran eksekutif dan legislatif yang kerap studi banding ke luar negeri. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan di DPR sendiri saat ini tak ada lagi studi banding melainkan diplomasi parlemen.

"Kita lihat, kalau di DPR sekarang tidak ada lagi studi banding. Yang ada adalah diplomasi parlemen, kunjungan kerja. Dan itu diatur UU MD3," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Fadli mengatakan, untuk diplomasi parlemen sendiri tidak bisa digantikan hanya melalui smartphone seperti kata Jokowi. Sebab, diplomasi parlemen dilakukan oleh semua parlemen di dunia.

"Ya diplomasi bagaimana (mau digantikan smartphone)? Seluruh dunia parlemennya melakukan itu. Kalau pemerintah kan punya Kemenlu dan KBRI sebagai ujung tombak," ujarnya.

Kendati demikian, Waketum Gerindra itu mendukung langkah Jokowi yang meminta jajaran eksekutif untuk melakukan efisiensi dengan tidak kerap studi banding ke luar negeri. Mengingat untuk pemerintah bisa diwakilkan oleh Kementerian Luar Negeri atau KBRI.

"Saya kira setuju saja kalau mau lakukan efisiensi di level eksekutif. Kalau di level DPR ada diplomasi parlemen memang," kata Fadli.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada jajaran eksekutif untuk efisien. Misalnya, studi banding ke luar negeri yang sebenarnya bisa diperoleh lewat smartphone.

"Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari smartphone kita," kata Jokowi dalam Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi juga menyinggung para anggota dewan yang hadir. Pasalnya banyak juga anggota dewan yang plesiran ke luar negeri.

"Dan saya kira ini juga relevan untuk bapak ibu anggota dewan," tutur Jokowi.
(mae/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com