detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 17:10 WIB

PKB Puji Pidato Kenegaraan Jokowi: Luar Biasa, Jawab Kebutuhan RI

Tsarina Maharani - detikNews
PKB Puji Pidato Kenegaraan Jokowi: Luar Biasa, Jawab Kebutuhan RI Jokowi saat pidato kenegaraan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - PKB memuji pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang bersama DPD-DPR hari ini. Menurut PKB, pidato yang disampaikan Jokowi menjawab seluruh tantangan bangsa ke depan.

"Luar biasa pidato presiden, menjawab seluruh kebutuhan Indonesia," kata Wasekjen PKB Daniel Johan kepada wartawan, Jumat (16/8/2019).



Daniel menilai Jokowi membahas secara komprehensif kebutuhan bangsa. Di antaranya, kata dia, soal birokrasi dan kedaulatan bangsa Indonesia.

"Itulah yang dibutuhkan oleh rakyat: birokrasi yang benar-benar melayani dan mempermudah rakyat, terbangunnya industri nasional yang kuat, terwujudnya kemandirian, dan kedaulatan bangsa yang sanggup bersaing secara internasional," tuturnya.

Menurut Daniel, Indonesia bisa menjadi negara besar jika industri pangan dapat dibangun dengan baik. Ia mengatakan kekuatan industri pangan berdampak pada daya beli masyarakat hingga penurunan pengangguran.

"Ke depan, bila ini terwujud, Indonesia akan menjadi negara besar, terutama bila industri pangan yang menjadi keunggulan Indonesia bisa dibangun dengan baik. Indonesia akan menjadi kekuatan dunia yang disegani," ujar Daniel.

"Visi ini juga akan meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat, akan menurunnya kemiskinan, dan terserapnya tenaga kerja," imbuh dia.



Dalam sidang bersama DPD-DPR hari ini, Jokowi sempat berbicara soal Indonesia maju. Ia pun mengatakan visi Indonesia maju membutuhkan peran semua pihak. Termasuk peran-peran semua parpol.

"Indonesia Maju bukan hanya karya Presiden dan Wakil Presiden, bukan hanya karya lembaga eksekutif, lembaga legislatif, ataupun yudikatif saja," kata Jokowi dalam pidato kenegaraannya di sidang bersama DPD-DPR, Jumat (16/8).

Dia menekankan bahwa keberhasilan Indonesia juga karya pemimpin agama, budayawan, dan para pendidik. Keberhasilan Indonesia juga adalah karya pelaku usaha, buruh, pedagang, inovator ataupun petani, nelayan, dan UMKM, serta karya seluruh anak bangsa Indonesia.


Simak Video "Sederet Capaian Ekonomi Kepemimpinan 5 Tahun Jokowi-JK"

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com